Page 260 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 260

program studi yang  sudab berlaku di perguruan tinggi  konvensional.
           Walaupun  perubahan bidang  ilrnu  yang  sangat cepat  dapat diakomo-
           dasikan  melalui  komunikasi  dua arab antara mabasiswa  dengan tutor
           dalam Iayanan tutorial, dengan segala keterbatasan pada saat itu,  UT
           memutuskan untuk menawarkan bidang ilmu yang  relatif stabil.
        3.  Seberapa jaub  UT  mampu  mengakomodasikan  arab  kebijakan  pe-
           merintab Indonesia untuk meningkatkan daya tampung perguruan ting-
           gi serta meningkatkan kualitas tenaga pengajar?
           Saat  itu,  UT merupakan piliban yang  terbaik  bagi  pemerintab  Indo-
           nesia.  Dengan  sistem  belajar  terbuka  dan jarak jaub,  UT  dapat
           menjawab persoalan yang amat penting p~da saat itu, yaitu peningkat-
           an  daya  tampung  perguruan  tinggi.  Konsekuensinya,  UT  harus
           mengembangkan program  yang  dapat  diikuti  oleh  mahasiswa  dalam
           jumlah besar  di  seluruh Indonesia,  dengan memperhatikan beragam
           kendala dan permasalaban yang ada di setiap sudut geografis Indone-
           sia (termasuk ragam budaya dan sosial ekonomi) dan penyediaan la-
           yanan  tutorial  yang  terjangkau  sebagai  sarana  komunikasi  dua  arab-
           antara  mabasiswa  dengan  tutor.  Jumlah  mabasiswa  yang  besar  me-
           nyebabkan UT memutuskan untuk menggunakan jenis tes objektif da-
           lam  pelaksanaan  ujiannya.  Penilaian  basil  ujian  mahasiswa  dapat
           dilakukan  dengan  komputer,  sebingga jumlah  besar  sekalipun  tidak
           menjadi  masalab.


           Dengan sistem bela  jar terbuka dan jarak jauh,  UT dapat menjadi sa-
        rana  pemerintah  dalam  upaya  peningkatan  kualitas  tenaga  pengajar  di
        tingkat pendidikan dasar, menengah,  maupun pendidikan tinggi.  Hal ini
        berarti,  bahwa  UT  harus  mengembangkan  program-program  yang  ber-
        kenaan  dengan  upaya  peningkatan  keterampilan  tenaga  pengajar  pada
        beragam jenjang  pendidikan dalam  bidang  ilmu  maupun  dalam  bidang

                                       265
   255   256   257   258   259   260   261   262   263   264   265