Page 261 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 261
pembelajaran. Dengan menggunakan kriteria tersebut, direncanakan da-
lam waktu 10 tahun pertama ( 1984-1994) UT membuka 50 program studi
untuk berbagai bidang ilmu pengetahuan dan mengembangkan kurang le-
bih 750 -1.000 judul bahan ajar untuk mengantisipasi penerimaan sekitar
100.000 mahasiswa.
Proses dan Hasil Pengembangan Program
Dengan memperhatikan faktor internal maupun eksternal, pada peri-
ode lima tahun pertama UT dapat mengembangkan program yang sesuai
dengan kebutuhan pembangunan masyarakat Indonesia dan sesuai dengan
ciri UT dalam memberikan layanan pendidikan tinggi melalui sistem be-
lajar terbuka dan jarak jauh. Adapun lingkup kegiatan pengembangan
program meliputi penetapan program studi, penyusunan kurikulum,
penyusunan Garis Besar Program Pengajaran (GBPP), pengembangan
bahan ajar cetak dan non-cetak, serta pelatihan penulis modul dan tutor,
baik untuk jenjang program sarjana maupun diploma. Pengembangan
program studi pada lima tahun pertama dapat dilihat pada tabel 1.
Selain itu, UT juga menerima pelimpahan pengelolaan program Aleta
Mengajar V dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Pro-
gram ini diselenggarakan secara jarak jauh dan ditujukan untuk pening-
katan keterampilan mengajar dosen perguruan tinggi.
266