Page 261 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 261

pembelajaran.  Dengan menggunakan kriteria tersebut, direncanakan da-
             lam waktu 10 tahun pertama ( 1984-1994) UT membuka 50 program studi
             untuk berbagai bidang ilmu pengetahuan dan mengembangkan kurang le-
             bih 750 -1.000 judul bahan ajar untuk mengantisipasi penerimaan sekitar
             100.000 mahasiswa.


             Proses dan Hasil Pengembangan Program
                Dengan memperhatikan faktor  internal maupun eksternal, pada peri-
             ode lima tahun pertama UT dapat mengembangkan program yang sesuai
             dengan kebutuhan pembangunan masyarakat Indonesia dan sesuai dengan
             ciri UT dalam memberikan layanan pendidikan tinggi melalui sistem be-
             lajar  terbuka  dan jarak jauh.  Adapun  lingkup  kegiatan  pengembangan
             program  meliputi  penetapan  program  studi,  penyusunan  kurikulum,
             penyusunan  Garis  Besar  Program  Pengajaran  (GBPP),  pengembangan
             bahan ajar cetak dan non-cetak, serta pelatihan penulis modul dan tutor,
             baik  untuk jenjang  program  sarjana  maupun diploma.  Pengembangan
             program studi pada lima tahun pertama dapat dilihat pada tabel 1.


               Selain itu, UT juga menerima pelimpahan pengelolaan program Aleta
             Mengajar  V  dari  Direktorat Jenderal  Pendidikan  Tinggi  (DIKTI).  Pro-
             gram ini diselenggarakan secara jarak jauh dan ditujukan untuk pening-
             katan keterampilan mengajar dosen perguruan tinggi.















                                           266
   256   257   258   259   260   261   262   263   264   265   266