Page 263 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 263

diperoleh dari proses pengembangan bahan ajar selama lima tahun per-
         tama adalah penerbitan 444 judul buku materi pokok untuk 444 mata ku-
         liah, dengan penulis berasal dari  PTN ternama di  Indonesia.
            Pada awalnya,  bantuan belajar bagi  mahasiswa  UT dilakukan melalui
         tutorial tatap muka secara reguler oleh UT, sebanyak dua kali per semes-
         ter.  Ketika  pertama  kali  diadakan  pada  tahun  1984,  tutorial  mendapat
         sambutan hangat dari mahasiswa dengan tingkat partisipasi hampir men-
         capai  85 %.  Pada  tahun  berikutnya,  kelompok  bela  jar mahasiswa  mulai
          terbentuk  dan  menjamur  di  mana-mana.  Fungsi  kelompok  belajar  bagi
          mahasiswa  adalah  sebagai  sarana jaringan  informasi,  dan sebagai  tern-
         pat  mendiskusikan  semua  masalah  perkuliahan.  Kelompok  belajar  ini
         membuat  mahasiswa  lebih  mandiri  dalam  mengatur  proses  pembelajar-
         an  termasuk  penyelenggaraan  tutorial.  Kegiatan  tutorial  ini  dilihat  oleh
         pihak ketiga sebagai peluang usaha  barn,  sehingga pada tahun keempat
         bermunculan tutorial yang diselenggarakan oleh pihak swasta.
            Tenaga  pengajar tetap UT pada akhir periode lima tahun pertama  ini
         berjumlah kurang lebih 300 orang, sebagian besar bekerja di kantor UT
         Pusat sebagai  "pengembang program"  dan sebagai  staf di  unit-unit  pe-
         nunjang.  Pada periode itu, sekitar 50 orang dikirim untuk mengikuti pen-
         didikan lanjut S2 dan S3 di dalam dan di luar negeri dengan dana beasis-
         wa dalam negeri, Bank Dunia XVII, dan CIDA. Sesuai dengan kerangka
         pemikiran  bahwa  UT  diarahkan  menjadi  universitas  pengelola  sumber,
         tenaga pengajar yang melanjutkan pendidikan S2 dan S3 juga diarahkan ke
         dalam bidang pengelolaan pendidikan jarak jauh dan teknologi pendidik-
         an.


         Lima Tahun Kedua (1989-1994)
            Bila memperhatikan tujuan khusus UT yang terdapat dalam Garis Be-
         sar  Rencana  lnduk  Pengembangan  (GB-RIP)  UT  1992-2000,  maka  di-
                                        268
   258   259   260   261   262   263   264   265   266   267   268