Page 268 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 268

kembangan teknologi pula yang  menyebabkan pudarnya aliran ekonomi
        agraris yang digantikan dengan kebangkitan sektor jasa dalam ekonomi.
        Kemajuan-kemajuan  ini  sangat mengandalkan kepada  kemampuan  ma-
        nusia  dalam  menguasai  ilmu  pengetahuan,  sebagaimana  dikemukakan
        Ohmae (Donosepoetro, 1998) bahwa "Today, services based on knowled-
        ge  are  the  greatest source of modem economy".  Human  capital  serta
        kompetisi menjadi kata kunci dalam persiapan menyongsong abad baru.
        Perdagangan bebas,  globalisasi dalam berbagai bidang,  krisis ekonomi,
        reformasi  politik dan budaya  merupakan peristiwa-peristiwa yang  men-
        cirikan periode  lima  tahun ketiga.  Dari dunia pendidikan,  pendidikan
        terbuka dan jarak jauh (melalui pembelajaran nyata ataupun maya) men-
        jadi  kecenderungan praktek pendidikan  di  berbagai  negara.  Interna-
        sionalisasi  kurikulum  menjadi  fokus  utama  yang  menunjukkan  per-
        kembangan  pembentukan jaringat:t pendidikan dunia  melalui  kolaborasi
        institusi pendidikan. Perubahan-perubahan tersebut, secara khusus, telah
        mengubah  paradigma pendidikan  di  Indonesia.  Otonomi,  akreditasi,
        akuntabilitas, evaluasi dan kualitas merupakan kata kunci dalam paradig-
        ma baru pendidikan tinggi di Indonesia (Soehendro, 1998).
           Dalam kaitannya dengan perubahan paradigma pendidikan di Indone-
        sia,  dan dalam rangka mempersiapkan diri menuju pergantian abad dan
        menyongsong milenium ketiga, UT menyusun Rencana Strategis Rencana
        Pembangunan (Renstra) UT 1998-2008.  Dalam Renstra UT 1998-2008,
        tertulis  bahwa  UT bertekad menjadi lembaga  pendidikan tinggi  terbuka
        dan jarak jauh yang mampu mengembangkan manusia Indonesia menjadi
        sumber daya manusia yang menjunjung tinggi etika dan ketaqwaan serta
        berkemampuan  tinggi,  sehingga  mampu  berkarya untuk pembangunan
        nasional.  Pengembangan  SDM  tersebut  dilakukan  melalui  pelayanan
        pembelajaran terbuka dan jarak jauh yang berkualitas, berkelanjutan, dan
        mampu mengatasi kendala ruang dan waktu; serta melalui penelitian dan
                                       275
   263   264   265   266   267   268   269   270   271   272   273