Page 272 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 272
pada mahasiswa untuk memilib berbagai mata kuliah, yang jika dira-
mu bersama kelompok mata kuliah inti memberikan keterampilan
khusus yang bernilai tambah bagi mahasiswa sebagai lulusan program
studi bidang ilmu tertentu.
3. Mengingat implementasi kurikulum sangat tergantung kepada berba-
gai pibak penyedia layanan penunjang bagi mahasiswa, misalnya pe-
ngolahan data mahasiswa, pengolahan nilai, penjadwalan ujian, dan
lainnya, beban studi (sks) setiap matakuliah dalam kurikulum UT
dibarapkan tidak terlalu kecil. Hal ini akan memudahkan mahasiswa
dalam memenuhi persyaratan kelulusan per program studi, karena
jumlah mata kuliah menjadi tidak terlalu banyak. Di samping itu,
kemungkinan kegagalan mahasiswa dalam ujian, serta kesalahan
administrasi akademik dapat dikurangi. Kesemuanya dibarapkan da-
pat menjadikan proses belajar di UT lebib menyenangkan bagi maha-
siswa.
Perubahan lain yang terjadi dalam konteks program akademik UT
selama periode lima tahun ketiga itu ialah penetapan aturan alih kredit
berdasarkan standar akademik yang sahib dan dapat dipercaya, pengka-
jian model bahan ajar pendidikan terbuka dan jarak jauh, pengkajian mo-
del bantuan akademik dan layanan mahasiswa, pengkajian sistem evalu-
asi basil belajar mahasiswa, dan penataan proses yudisium.
Walaupun upaya penetapan aturan alih kredit sudah dimulai sejak peri-
ode lima tahun pertama, namun barn pada periode lima tahun ketiga sis-
tern alih kredit yang baku dapat dihasilkan. Sistem alib kredit ini sangat
dilandasi oleh standar akademik yang sahib dan dapat dipercaya, serta
berlaku lintas perguruan tinggi. Dengan demikian, proses alib kredit di
UT bukan lagi merupakan suatu proses negosiasi atau formalitas. Sistem
alih kredit sangat penting bagi UT karena memungkinkan UT untuk
279