Page 272 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 272

pada mahasiswa untuk memilib berbagai mata kuliah,  yang jika dira-
             mu  bersama  kelompok  mata  kuliah  inti  memberikan  keterampilan
             khusus yang bernilai tambah bagi mahasiswa sebagai lulusan program
             studi bidang ilmu tertentu.
          3.  Mengingat  implementasi  kurikulum sangat  tergantung  kepada berba-
             gai pibak penyedia layanan penunjang bagi mahasiswa,  misalnya pe-
             ngolahan  data  mahasiswa,  pengolahan  nilai,  penjadwalan ujian,  dan
             lainnya,  beban  studi  (sks)  setiap  matakuliah  dalam  kurikulum  UT
             dibarapkan  tidak terlalu  kecil. Hal  ini  akan memudahkan mahasiswa
             dalam  memenuhi  persyaratan  kelulusan  per  program  studi,  karena
             jumlah  mata  kuliah  menjadi  tidak  terlalu  banyak.  Di  samping  itu,
             kemungkinan  kegagalan  mahasiswa  dalam  ujian,  serta  kesalahan
             administrasi  akademik dapat  dikurangi.  Kesemuanya  dibarapkan da-
             pat menjadikan proses belajar di UT lebib menyenangkan bagi maha-
             siswa.


             Perubahan lain  yang  terjadi  dalam  konteks  program akademik  UT
          selama periode lima tahun ketiga  itu  ialah  penetapan aturan alih  kredit
          berdasarkan standar akademik yang  sahib dan dapat dipercaya,  pengka-
          jian model bahan ajar pendidikan terbuka dan jarak jauh, pengkajian mo-
          del  bantuan akademik dan layanan mahasiswa,  pengkajian sistem evalu-
          asi basil  belajar mahasiswa,  dan penataan proses yudisium.
             Walaupun upaya penetapan aturan alih kredit sudah dimulai sejak peri-
          ode lima tahun pertama, namun barn pada periode lima tahun ketiga sis-
          tern alih kredit yang baku dapat dihasilkan.  Sistem alib kredit ini sangat
          dilandasi  oleh  standar  akademik  yang  sahib dan dapat dipercaya,  serta
          berlaku lintas  perguruan tinggi.  Dengan demikian,  proses alib  kredit di
          UT bukan lagi merupakan suatu proses negosiasi atau formalitas. Sistem
          alih  kredit  sangat  penting  bagi  UT karena  memungkinkan  UT untuk

                                         279
   267   268   269   270   271   272   273   274   275   276   277