Page 269 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 269
pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam berbagai ilmu
pengetahuan dan teknologi. Di samping itu, dengan berbekal pengalam-
an, kemampuan dan komitmen yang tinggi UT bertekad menjadi pusat
unggulan dalam penyelenggaraan, penelitian, pengembangan dan pe-
nyebaran informasi pendidikan tinggi terbuka danjarakjauh di Indonesia.
Ini berarti bahwa UT harus mampu menjadi model penyelenggaraan
pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh yang berkualitas melalui pe-
manfaatan teknologi dan jaringan, serta menjadi perguruan tinggi yang
terdepan dalam penelitian, pengembangan, dan penyebaran informasi
tentang berbagai aspek pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh, teruta-
ma program instruksional.
Secara tegas, dalam Renstra UT 1998-2008 dinyatakan bahwa langkah-
langkah yang dilakukan UT dalam rangka pencapaian visi UT difokuskan
pada tiga program induk, yaitu 1) penataan sistem dalam pengelolaan
proses belajar mengajar melalui pendidikan tinggi terbuka dan jarak ja-
uh, 2) peningkatan relevansi dan kualitas dalam pengembangan program
pendidikan dan kurikulum sesuai dengan perkembangan IPTEK dan ke-
butuhan masyarakat, serta 3) pemerataan kesempatan bagi masyarakat
untuk memperoleh pendidikan tinggi.
Program induk Penataan Sistem UT dimaksudkan untuk menghasilkan
sistem manajemen yang berpandangan ke depan dan ke luar yang lebih
berdaya cipta sehingga mampu secara efektif menjawab tantangan pem-
bangunan nasional, perubahan masyarakat, dan globalisasi. Program in-
duk Peningkatan Relevansi dan Kualitas dimaksudkan untuk meningkat-
kan daya dukung perguruan tinggi melalui Tridharma Pendidikan dalam
rangka menjawab dinamika kehidupan masyarakat yang semakin tinggi
yang dipacu oleh kemajuan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Se-
mentara itu, program induk Peningkatan Pemerataan Pendidikan Tinggi
dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan UT dalam menyediakan
276