Page 274 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 274

gunakan bukan satu-satunya model yang dapat dimanfaatkan untuk sistem
          pendidikan  terbuka  dan jarak jauh,  karena ada  model-model  lain yang
          selama ini belum pernah dipertimbangkan kemungkinan penggunaannya.
          Beberapa bahan ajar UT yang sekarang digunakan  belum mampu secara
          optimal  mengakomodasikan  interaksi  mental  mahasiswa  dengan  uraian
          bidang ilmu yang  disajikan. Melalui upaya pengkajian yang berkelanjut-
          an,  diharapkan UT dapat memperoleh beragam model  bahan ajar yang
          dapat digunakan dalam sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh,  baik
          yang berbentuk cetak saja, maupun yang berbentuk multimedia terpadu.
             Pengkajian model  bantuan akademik dan layanan mahasiswa dimak-
          sudkan untuk menyediakan beragam pilihan bantuan akademik dan layan-
          an kepada mahasiswa UT.  Selama periode lima tahun kedua, bantuan aka-
          demik bagi mahasiswa UT adalah sangat minimal, sedangkan mutu layan-
          an  juga belum dapat memuaskan mahasiswa (sering terjadi kelambatan,
          kesalahan,  dan  lainnya)  karena  berbagai  kendala.  Dalam periode  lima
          tahun  ketiga  ini,  UT  berupaya  meningkatkan  bantuan akademik  bagi
          mahasiswa UT dari segi kuantitas (ragam pilihan) maupun kualitas. Ban-
          tuan  akademik yang  utama dipandang perlu bagi  mahasiswa  UT adalah
          tutorial, yang dikembangkan oleb UT dalam bentuk tatap muka, tertulis,
          radio (satu arab maupun interaktif), televisi (TVRI maupun satelit siaran
          langsung),  dan jaringan elektronik (/ax-mail,  e-mail dan CAl).  Bantuan
          akademik  yang  beragam  itu  dibarapkan dapat membantu  proses belajar
          mahasiswa sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan mutu lulusan UT.
          Dengan  memanfaatkan perkembangan teknologi  informasi,  UT menco-
          ba menawarkan tutorial melalui jaringan elektronik, baik yang berbentuk
          fax-mail dan electronic mail yang berbasis jaringan maupun program CAl
          yang berbasis komputer. Bantuan akademik ini dilaksanakan dalam tahap
          ujicoba  serempak di  32  UPBJJ-UT.  Masing-masing  UPBJJ  memiliki
          kebebasan menentukan jenis tutorial mana yang  akan diprioritaskan un-

                                         281
   269   270   271   272   273   274   275   276   277   278   279