Page 277 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 277

pengembangan  tenaga  pengajar  masih  bersifat  perimbangan  antara  pe-
            nguasaan bidang  ilmu dan penguasaan keterampilan pengelolaan pendi-
            dikan dan teknologi pendidikan.


            Menuju Masa Depan
               Di banyak negara,  lembaga pendidikan terbuka dan jarak jauh didiri-
            kan  untuk  menjawab  masalah meningkatnya  kebutuhan pendidikan bagi
            masyarakat  dalam jumlah besar  secara serempak dan  relatif  cepat.  Hal
            ini  karena lembaga pendidikan terbuka dan jarak jauh memiliki  keung-
            gulan tertentu sehingga menjadi pilihan bentuk pendidikan yang baik un-
            tuk memenuhi kebutuhan tersebut.  Selama  lima  belas  tahun,  UT sudah
            memantapkan keberadaannya dalam masyarakat sebagai  perguruan ting-
            gi yang memiliki daya  tampung paling besar, yang  bersifat terbuka  bagi
            siapa  saja  yang  ingin  memperoleh  kesempatan  belajar pada  tingkat
            perguruan tinggi,  dan yang dapat  menjangkau seluruh masyarakat Indo-
            nesia  tanpa  kendala  ruang  dan waktu,  maupun ekonomi.  Dengan demi-
            kian, semakin jelas peran UT sebagai salah satu lembaga pendidikan yang
            berkontribusi  terhadap  upaya  pendemokrasian pendidikan.  Peranan  UT
            sangat potensial dan esensial dalam mempersiapkan sumber daya  manu-
            sia  Indonesia  yang  memiliki  keunggulan  daya  pikir,  daya  nalar,  serta
            kekuatan moral dan etika akademik bangsa Indonesia. Selama lima be-
            las  tahun  perjalanannya,  UT masih  memiliki  berbagai  kendala dan  ke-
            terbatasan sehingga  masih lebih berfokus  sebagai perguruan tinggi yang
            memberikan  "kesempatan kedua"  bagi mereka  yang  karena sesuatu hal
            sebelumnya  tidak  memiliki  kesempatan  belajar  di  perguruan  tinggi.
            Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa UT saat ini dan di masa mendatang
            merupakan  satu-satunya  lembaga  pendidikan  tinggi  di  Indonesia  yang
            berpotensi untuk mensukseskan gerakan Education for All pada tahun 2000
            (Jomtien 1990, UNESCO).

                                           284
   272   273   274   275   276   277   278   279   280   281   282