Page 277 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 277
pengembangan tenaga pengajar masih bersifat perimbangan antara pe-
nguasaan bidang ilmu dan penguasaan keterampilan pengelolaan pendi-
dikan dan teknologi pendidikan.
Menuju Masa Depan
Di banyak negara, lembaga pendidikan terbuka dan jarak jauh didiri-
kan untuk menjawab masalah meningkatnya kebutuhan pendidikan bagi
masyarakat dalam jumlah besar secara serempak dan relatif cepat. Hal
ini karena lembaga pendidikan terbuka dan jarak jauh memiliki keung-
gulan tertentu sehingga menjadi pilihan bentuk pendidikan yang baik un-
tuk memenuhi kebutuhan tersebut. Selama lima belas tahun, UT sudah
memantapkan keberadaannya dalam masyarakat sebagai perguruan ting-
gi yang memiliki daya tampung paling besar, yang bersifat terbuka bagi
siapa saja yang ingin memperoleh kesempatan belajar pada tingkat
perguruan tinggi, dan yang dapat menjangkau seluruh masyarakat Indo-
nesia tanpa kendala ruang dan waktu, maupun ekonomi. Dengan demi-
kian, semakin jelas peran UT sebagai salah satu lembaga pendidikan yang
berkontribusi terhadap upaya pendemokrasian pendidikan. Peranan UT
sangat potensial dan esensial dalam mempersiapkan sumber daya manu-
sia Indonesia yang memiliki keunggulan daya pikir, daya nalar, serta
kekuatan moral dan etika akademik bangsa Indonesia. Selama lima be-
las tahun perjalanannya, UT masih memiliki berbagai kendala dan ke-
terbatasan sehingga masih lebih berfokus sebagai perguruan tinggi yang
memberikan "kesempatan kedua" bagi mereka yang karena sesuatu hal
sebelumnya tidak memiliki kesempatan belajar di perguruan tinggi.
Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa UT saat ini dan di masa mendatang
merupakan satu-satunya lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang
berpotensi untuk mensukseskan gerakan Education for All pada tahun 2000
(Jomtien 1990, UNESCO).
284