Page 282 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 282
dapat dikatakan baik, jika memang mereka dibuktikan baik perdasarkan
alat ukur yang sahib dan dapat dipercay~. Dalam hal ini. ujian meliputi
jenis butir soal, validitas perangkat ujian, jenis ujian (tertulis dan non-
tertulis), scrta kcmungkinan pelaksa.naan individualized examination by
computer. Upaya peningkatan kualitas ujian, pengemba.nga.n bank soal,
dan kajian tentang jenis ujian merupakan upaya yang harus terjadi secara
terus menerus dan menjadi prioritas bagi kegiatan pengemba.ngan UT.
Kredibilitas UT sebagai lembaga pendidikan tinggi sa.ngat tergantung
kepada kesahihan dan keterpercayaan sistem ujiannya.
Arah pengemba.nga.n tenaga akadernik UT di masa depan masih meng-
gambarkan perimbanga.n antara penguasaan bidang ilmu dan penguasaa.n
keterampilan pengelolaan pendidikan dan teknologi pendidikan sejalan
dengan Renstra UT 1998-2008. Hal ini berarti masih diperlukan upaya-
upaya yang berkelanjutan untuk peningkatan kualitas tenaga akadernik yang
mendalami bidang ilmu. Namun demikian, UT masih harus tetap
memelihara jalinan kerja sama dengan pergurua.n tinggi lain yang merni-
liki pakar bidang ilmu, terutama untuk keperlua.n pengemba.nga.n bahan
ajar, penyediaan laya.na.n bantuan belajar, dan pengembangan perangkat
ujian. Dengan strategi perimbanga.n itu, peningkatan kualitas dan kua.ntitas
tenaga akademik yang mendalami bidang pengelolaan pendidikan dan
teknologi pendidikan juga menjadi prioritas UT. Tenaga akademik yang
memiliki keterarnpilan pengelolaan pendidikanjarakjauh merupakan aset
UT, bukan ha.nya bagi keberhasilan pengembanga.n program akadernik UT
yang bertumpu sangat kuat pada kualitas tenaga akademiknya, tetapi juga
bagi keberhasilan UT untuk memantapkan keberadaannya dalam tatanan
kehidupan dunia perguruan tinggi di Indonesia maupun di dunia inter-
nasional.
Kompetisi yang ketat dalam seluruh aspek kehidupan termasuk dunia
pendidikan tinggi yang aka.n terjadi dalam rnilenium ketiga tidak dapat Ia-
289