Page 282 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 282

dapat dikatakan baik, jika memang mereka dibuktikan baik perdasarkan
            alat ukur yang  sahib dan dapat dipercay~.  Dalam hal ini.  ujian meliputi
            jenis butir  soal,  validitas  perangkat ujian, jenis ujian (tertulis  dan  non-
            tertulis),  scrta kcmungkinan  pelaksa.naan  individualized examination  by
            computer.  Upaya  peningkatan  kualitas  ujian,  pengemba.nga.n bank soal,
            dan kajian tentang jenis ujian merupakan upaya yang harus terjadi secara
            terus  menerus  dan  menjadi  prioritas  bagi  kegiatan pengemba.ngan  UT.
            Kredibilitas  UT  sebagai  lembaga  pendidikan  tinggi  sa.ngat  tergantung
            kepada kesahihan dan keterpercayaan sistem ujiannya.
               Arah pengemba.nga.n tenaga akadernik UT di masa depan masih meng-
            gambarkan perimbanga.n antara penguasaan bidang ilmu dan penguasaa.n
            keterampilan  pengelolaan pendidikan  dan  teknologi  pendidikan  sejalan
            dengan Renstra  UT  1998-2008.  Hal ini berarti masih diperlukan  upaya-
            upaya yang berkelanjutan untuk peningkatan kualitas tenaga akadernik yang
            mendalami  bidang  ilmu.  Namun  demikian,  UT  masih  harus  tetap
            memelihara jalinan kerja sama dengan pergurua.n tinggi lain yang merni-
            liki pakar bidang  ilmu,  terutama untuk keperlua.n pengemba.nga.n bahan
            ajar,  penyediaan  laya.na.n  bantuan  belajar,  dan pengembangan  perangkat
            ujian. Dengan strategi perimbanga.n itu, peningkatan kualitas dan kua.ntitas
            tenaga  akademik  yang  mendalami  bidang  pengelolaan  pendidikan  dan
            teknologi pendidikan juga menjadi prioritas  UT.  Tenaga  akademik yang
            memiliki keterarnpilan pengelolaan pendidikanjarakjauh merupakan aset
            UT, bukan ha.nya bagi keberhasilan pengembanga.n program akadernik UT
            yang bertumpu sangat kuat pada kualitas tenaga akademiknya, tetapi juga
            bagi keberhasilan UT untuk memantapkan keberadaannya dalam tatanan
            kehidupan  dunia perguruan tinggi  di  Indonesia  maupun  di  dunia  inter-
            nasional.
              Kompetisi yang ketat dalam seluruh aspek kehidupan termasuk dunia
            pendidikan tinggi yang aka.n terjadi dalam rnilenium ketiga tidak dapat Ia-

                                          289
   277   278   279   280   281   282   283   284   285   286   287