Page 285 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 285

BAHAN  BELAJAR UNIVERSITAS TERBUKA




                                 Suciati dan Nurul Huda








           Pendahuluan
              Dalam sistem belajar di  Universitas Terbuka (UT) yang pada dasarnya
           adalah belajar mandiri, bahan ajar mempunyai peran yang strategis. bahka.n
           dapat  dikatakan  menentukan  keberhasilan  usaha  belajar.  Mengapa
           demikian?  Dalam  berbagai  bentuk penyelenggaraan  belajar jarak jauh,
           bahan belajar didisain menjadi satu-satunya media interaksi antara proses
           berpikir  peserta  didik  dan  pengetahuan  yang  ingin  dikuasai.  Dengan
           demikian  proses  belajar  akan  menjadi  efektif apabila  basil  dan  cara
           penulisan bahan ajar memenuhi kondisi yang mendukung interaksi.
              Secara  mandiri  peserta didik  berusaha  memahami  materi  yang  diba-
           ca.  dengan  bantuan minimal  dosen atau  tutor.  Di  beberapa daerah ban-
           tuan  tutor tersebut kemungkinan bahkan sama sekali  tidak tersedia,  de-
           ngan  demikian  proses  belajar  bertumpu  sepenuhnya  kepada  mahasiswa
           dan bahan belajar yang dihadapinya.
              Sampai dengan tahap perkembangan UT saat ini.  bahan bela jar cetak
           masih  merupakan  bahan belajar utama.  Sifat bahan  belajar cetak  yang
           mampu memuat dan mempresentasikan pengetahuan dengan lengkap tetapi
          juga  fleksibel  untuk digunakan  kapan  saja dan di  mana saja  merupakan
           kunci strategisnya peranan jenis bahan ajar ini.
              Selain  untuk  memberikan  bahan  belajar tambahan,  adanya  pengaruh
           Jatar belakang budaya Indonesia yang masyarakatnya bel urn terbiasa belajar
                                         292
   280   281   282   283   284   285   286   287   288   289   290