Page 288 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 288

Dalam  proses  penulisan dosen  UT  mempunyai  fungsi  yang  penting,
       yaitu  disamping  sebagai ahli  materi juga dapat memberikan saran-saran
       penyajian materi menggunakan berbagai prinsip desain instruksiona1 untuk
       mengusahakan  bahan  ajar  yang  komunikatif  dan  mudah  dicerna  oleh
       mahasiswa  UT.
          Naskah yang selesai ditulis ditelaah oleh dosen lain di  luar UT untuk
       bidang studi  yang  relevan,  dan selanjutnya penulis melakukan perbaikan
       berdasarkan saran masukan dosen penelaah.
          Naskah yang  selesai ditulis,  selanjutnya diproses  melalui pengaturan
       tata-letak  (lay-out),  penyiapan  ilustrasi,  dan  editing  untuk  menyiapkan
       naskah siap cetak.  Naskah ini selanjutnya dicetak menjadi bahan ajar un-
       tuk didistribusikan kepada mahasiswa. Sampai dengan tahap ini pempro-
       sesan lay-out naskah ada bagian pekerjaan yang  masih dilakukan  secara
       manual, sebagai contoh, pemasangan gambar/ilustrasi pada teks naskah.
       Gambar hasil tangan atau komputer grafis di-print-ouc selanjutnya ditem-
       pelkan secara manual  pada teks.  Hal ini  terpaksa dilakukan karena fasi-
       litas kapasitas komputer yang terbatas.  Potensi desktop publishing belum
       sepenulmya dimanfaatkan  untuk menghasilkan  kualitas perwajahan yang
       prima.
         Sistem pengembangan bahan ajar yang digunakan UT memungkinkan
       terjadinya keterhambatan proses dalam pelaksanaannya. Konsisten dengan
       fungsinya sebagai perguruan tinggi pengelola, UT lebih banyak outsourcing,
       atau  menggunakan penulis dari  luar dalam penulisan bahan ajar.  Ini ber-
       arti  pada  umumnya  UT mengandalkan  kesiapan  naskah  pada  komitmen
       penulis dari luar terhadap waktu dan kualitas penulisan.
          Di  samping  itu pemrosesan bahan ajar di  UT dapat dikatakan  meng-
       gunakan  sistem  "ban  berjalan"  yang  outputnya sangat dipengaruhi  oleh
       ketepatan  waktu  dan  kualitas  input.  Sebagai  contoh,  apabila  terjadi
       keterlambatan  naskah  yang  disebabkan  kesulitan  penulis  memenuhi  ko-
                                     295
   283   284   285   286   287   288   289   290   291   292   293