Page 283 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 283

gi  dihindari.  Antisipasi terhadap situasi ini dilakukan dengan mengem-
        bangkan pendidikan tinggi, khususnya UT dan program akademiknya, ber-
        dasarkan relevansinya terhadap perubahan dan kecenderungan barn yang
        terjadi  dengan  cepat  dalam  skala  nasional  m·aupun  internasional.
        Kurik:ulum yang dinamis dibutuhkan agar pendidilcan di UT dan program
        akademik UT tetap  relevan  dengan  hal-hal  tersebut.  Bersama dengan
        hambatan yang  masih harus terus diupayakan pemecahannya, implemen-
        tasi  program akademik UT yang  relevan dan berk:ualitas  membutuhkan
        proses panjang yang harus ditempuh secara bertahap.


        Daftar Pustaka
        Badan Pertimbangan Pendidikan Nasional.  (1995). Stereotip dan fungsi
            guru di masa depan. Jakarta: BPPN.
        Donosepoetro, M. (1998). Relevansi pendidikan tinggi dalam rancangan
            kurikulum yang dinamis.  Makalah disajikan dalam Seminar Nasio-
            nal  Relevansi  Pendidikan dalam  Pemberdayaan  Bangsa  di Tengah
            Komunitas Global.  Malang:  Universitas Brawijaya.
        Pusat Pengembangan Relevansi Pendidikan. (1998). Relevansi pendidikan
            tinggi.  Makalah disajikan  dalam Seminar Nasional  Relevansi  Pen-
            didikan dalam Pemberdayaan Bangsa di Tengah Komunitas Global.
            Malang:  Universitas  Brawijaya.
        Setijadi. ( 1992) Memorandum akhir jabalan rektor UT (Periode 1984-1988/
            1988-1992). Jakarta, UT.
        Soehendro, B. (1996). Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka
            Panjang  1996-2005. Jakarta:  Direktorat Jenderal Pendidikan Tmg-
            gi, Depdikbud.
        Soehendro, B.  (1998). Relevance of higher education. Makalah disajikan
            dalam Seminar Nasional Relevansi  Pendidikan dalam Pemberdaya-



                                      290
   278   279   280   281   282   283   284   285   286   287   288