Page 283 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 283
gi dihindari. Antisipasi terhadap situasi ini dilakukan dengan mengem-
bangkan pendidikan tinggi, khususnya UT dan program akademiknya, ber-
dasarkan relevansinya terhadap perubahan dan kecenderungan barn yang
terjadi dengan cepat dalam skala nasional m·aupun internasional.
Kurik:ulum yang dinamis dibutuhkan agar pendidilcan di UT dan program
akademik UT tetap relevan dengan hal-hal tersebut. Bersama dengan
hambatan yang masih harus terus diupayakan pemecahannya, implemen-
tasi program akademik UT yang relevan dan berk:ualitas membutuhkan
proses panjang yang harus ditempuh secara bertahap.
Daftar Pustaka
Badan Pertimbangan Pendidikan Nasional. (1995). Stereotip dan fungsi
guru di masa depan. Jakarta: BPPN.
Donosepoetro, M. (1998). Relevansi pendidikan tinggi dalam rancangan
kurikulum yang dinamis. Makalah disajikan dalam Seminar Nasio-
nal Relevansi Pendidikan dalam Pemberdayaan Bangsa di Tengah
Komunitas Global. Malang: Universitas Brawijaya.
Pusat Pengembangan Relevansi Pendidikan. (1998). Relevansi pendidikan
tinggi. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Relevansi Pen-
didikan dalam Pemberdayaan Bangsa di Tengah Komunitas Global.
Malang: Universitas Brawijaya.
Setijadi. ( 1992) Memorandum akhir jabalan rektor UT (Periode 1984-1988/
1988-1992). Jakarta, UT.
Soehendro, B. (1996). Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka
Panjang 1996-2005. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tmg-
gi, Depdikbud.
Soehendro, B. (1998). Relevance of higher education. Makalah disajikan
dalam Seminar Nasional Relevansi Pendidikan dalam Pemberdaya-
290