Page 281 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 281

memerlukan  penanganan  yang  khusus  pula  dari  UT, sejauh  UT  dapat
            memberikan  beragam  bentuk  alternatif untuk  pemenuhan  kebutuhan
            tersebut. Misalnya, untuk kebutuhan praktikum, perlu dipikirkan kemung-
            kinan untuk menggunakan "lab kering" (melalui simulasi komputer), "lab
            kit" (praktikum menggunakan  kit yang  "mini" yang  disediakan  UT  bagi
            semua mahasiswa secara individual), dan atau  "lab pinjam"  (pemanfaat-
            an  bersama laboratorium dari  berbagai  instansi  yang  dekat  dengan sen-
            tra  mahasiswa  melalui jaringan  kerjasama  antar  lembaga).
               Di  masa  mendatang,  tiga  komponen  utama  dalam  pembelajaran  di
            setiap  program  akademik  harus  memperoleh  perhatian.  Bahan  ajar
            merupakan modal utama proses pembelajaran di  UT yang  dapat  diman-
            faatkan  bersama secara  nasional  maupun  internasional  untuk  kebutuhan
            pembelajaran dalam rangka standardisasi mutu pendidikan.  Oleh  karena
            itu, bahan  ajar UT harus berkualitas tinggi  dan  tersedia dalam  beragam
            bentuk  media,  sehingga  dapat  diakses  melalui  berbagai  cara.  Upaya
            pengembangan dan peningkatan mutu bahan ajar merupakan kegiatan kun-
            ci  yang  harus  tetap  diprioritaskan  dalam  kegiatan  pendidikan  di  UT.
            Sementara itu. di  masa depan, proses pembelajaran mahasiswa UT tidak
            dapat lagi  diasumsikan akan berjalan dengan sendirinya.  UT perlu  bersi-
            kap  proaktif dalam  menyediakan  beragam  layanan  bantuan  belajar  bagi
            mahasiswa  UT,  misalnya  melalui  penyediaan  layanan  tutorial  dalam
            berbagai bentuk dan media.  Keberhasilan UT sebagai institusi pendidikan
            tinggi terbuka danjarakjauh yang berperan dalam pengembangan sumber
            daya manusia bangsa yang berkualitas, di masa depan tidak hanya diukur
            dari  kualitas luaran semata, tetapi juga dari kualitas proses pembelajaran
            yang  terjadi.  Proses pembelajaran yang baik akan menghasilkan  kualitas
            keluaran  yang  baik,  namun  kualitas  keluaran  yang  baik  belum  tentu
            dihasilkan dari proses pembelajaran yang berkualitas. Komponen terakhir
            adalah ujian, alat untuk mengukur kualitas lulusan.  Kualitas lulusan hanya

                                           288
   276   277   278   279   280   281   282   283   284   285   286