Page 281 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 281
memerlukan penanganan yang khusus pula dari UT, sejauh UT dapat
memberikan beragam bentuk alternatif untuk pemenuhan kebutuhan
tersebut. Misalnya, untuk kebutuhan praktikum, perlu dipikirkan kemung-
kinan untuk menggunakan "lab kering" (melalui simulasi komputer), "lab
kit" (praktikum menggunakan kit yang "mini" yang disediakan UT bagi
semua mahasiswa secara individual), dan atau "lab pinjam" (pemanfaat-
an bersama laboratorium dari berbagai instansi yang dekat dengan sen-
tra mahasiswa melalui jaringan kerjasama antar lembaga).
Di masa mendatang, tiga komponen utama dalam pembelajaran di
setiap program akademik harus memperoleh perhatian. Bahan ajar
merupakan modal utama proses pembelajaran di UT yang dapat diman-
faatkan bersama secara nasional maupun internasional untuk kebutuhan
pembelajaran dalam rangka standardisasi mutu pendidikan. Oleh karena
itu, bahan ajar UT harus berkualitas tinggi dan tersedia dalam beragam
bentuk media, sehingga dapat diakses melalui berbagai cara. Upaya
pengembangan dan peningkatan mutu bahan ajar merupakan kegiatan kun-
ci yang harus tetap diprioritaskan dalam kegiatan pendidikan di UT.
Sementara itu. di masa depan, proses pembelajaran mahasiswa UT tidak
dapat lagi diasumsikan akan berjalan dengan sendirinya. UT perlu bersi-
kap proaktif dalam menyediakan beragam layanan bantuan belajar bagi
mahasiswa UT, misalnya melalui penyediaan layanan tutorial dalam
berbagai bentuk dan media. Keberhasilan UT sebagai institusi pendidikan
tinggi terbuka danjarakjauh yang berperan dalam pengembangan sumber
daya manusia bangsa yang berkualitas, di masa depan tidak hanya diukur
dari kualitas luaran semata, tetapi juga dari kualitas proses pembelajaran
yang terjadi. Proses pembelajaran yang baik akan menghasilkan kualitas
keluaran yang baik, namun kualitas keluaran yang baik belum tentu
dihasilkan dari proses pembelajaran yang berkualitas. Komponen terakhir
adalah ujian, alat untuk mengukur kualitas lulusan. Kualitas lulusan hanya
288