Page 279 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 279

UT  hanya  memiliki  satu  standar  yang  berlaku  di  mana  saja,  maka  UT
           telah dan akan tetap berperan sebagai barometer standar pendidikan tinggi
           di Indonesia.
              Perkembangan teknologi informasi dengan kecepatan tinggi memung-
           kinkan UT untuk dengan mudah menyebarkan program akademiknya ke-
           pada  populasi  sasaran dalam  masyarakat  Indonesia  maupun masyarakat
           internasional.  Di sisi lain, perkembangan teknologi informasi juga mem-
           buka  kesempatan  yang  seluas-luasnya  bagi  seluruh  anggota  masyarakat
           Indonesia maupun internasional untuk mengakses program akademik UT
           dari manapun mereka berada.  Upaya pemerataan pendidikan dalam rang-
           ka pendidikan sepanjang hayat sekarang ini bukan hanya merupakan upa-
           ya  lokal dan atau nasional saja,  namun merupakan upaya berskala inter-
           nasional di mana UT turut memainkan peran strategis.
              Salah satu komponen yang semakin memantapkan keberadaan UT di
           masyarakat pada masa mendatang adalah peran UT untuk meningkatkan
           kualitas sumber daya manusia pada berbagai jenjang pendidikan, melalui
           pendidikan  guru  dan  dosen  yang  berkelanjutan.  Masalah  peningkatan
           kualitas guru dan dosen merupakan masalah pelik yang harus diatasi oleh
           pemerintah Indonesia,  serta menjadi  tanggung jawab seluruh bangsa In-
           donesia. Kedudukan dan peran guru serta dosen selaku pendidik memi-
           liki pengaruh yang besar, tidak hanya bagi anak didiknya yang secara lang-
           sung berhubungan dengan guru,  tetapi juga terhadap  masyarakat secara
           umum dan pengembangan generasi masa depan bangsa.  Guru dan dosen
           merupakan titik  sentral  yang  strategis  dalam  kegiatan  pendidikan di  se-
           gala jenjang. Peningkatan kualitas guru dan dosen akan memiliki multiple
           effect  ke  berbagai  arah.  Penguasaan  materi  dan  strategi  pembelajaran
          yang baik dapat menjadikan guru dan dosen yang  memiliki  kepercayaan
          diri, cerdas dan mampu membelajarkan anak didiknya. Upaya peningkat-
          an kualitas yang berkelanjutan akan membina sikap guru dan dosen untuk

                                         286
   274   275   276   277   278   279   280   281   282   283   284