Page 279 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 279
UT hanya memiliki satu standar yang berlaku di mana saja, maka UT
telah dan akan tetap berperan sebagai barometer standar pendidikan tinggi
di Indonesia.
Perkembangan teknologi informasi dengan kecepatan tinggi memung-
kinkan UT untuk dengan mudah menyebarkan program akademiknya ke-
pada populasi sasaran dalam masyarakat Indonesia maupun masyarakat
internasional. Di sisi lain, perkembangan teknologi informasi juga mem-
buka kesempatan yang seluas-luasnya bagi seluruh anggota masyarakat
Indonesia maupun internasional untuk mengakses program akademik UT
dari manapun mereka berada. Upaya pemerataan pendidikan dalam rang-
ka pendidikan sepanjang hayat sekarang ini bukan hanya merupakan upa-
ya lokal dan atau nasional saja, namun merupakan upaya berskala inter-
nasional di mana UT turut memainkan peran strategis.
Salah satu komponen yang semakin memantapkan keberadaan UT di
masyarakat pada masa mendatang adalah peran UT untuk meningkatkan
kualitas sumber daya manusia pada berbagai jenjang pendidikan, melalui
pendidikan guru dan dosen yang berkelanjutan. Masalah peningkatan
kualitas guru dan dosen merupakan masalah pelik yang harus diatasi oleh
pemerintah Indonesia, serta menjadi tanggung jawab seluruh bangsa In-
donesia. Kedudukan dan peran guru serta dosen selaku pendidik memi-
liki pengaruh yang besar, tidak hanya bagi anak didiknya yang secara lang-
sung berhubungan dengan guru, tetapi juga terhadap masyarakat secara
umum dan pengembangan generasi masa depan bangsa. Guru dan dosen
merupakan titik sentral yang strategis dalam kegiatan pendidikan di se-
gala jenjang. Peningkatan kualitas guru dan dosen akan memiliki multiple
effect ke berbagai arah. Penguasaan materi dan strategi pembelajaran
yang baik dapat menjadikan guru dan dosen yang memiliki kepercayaan
diri, cerdas dan mampu membelajarkan anak didiknya. Upaya peningkat-
an kualitas yang berkelanjutan akan membina sikap guru dan dosen untuk
286