Page 276 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 276

kerjasama  dan  pengembangan jaringan  kerja  seharusnya  tidak  menjadi
        masalah  lagi bagi  UT,  namun ternyata  tetap  menjadi  masalah bagi  UT,
        terutama  dalam  hal  kecepatan  pemeriksaan  dan  penilaian.  Pemikiran
        tentang  pengembangan dan  pemanfaatan bank soal juga terus  berlanjut
        dalam periode ini, walaupun belum terwujudkan secara nyata.
          Dalam periode lima tahun ketiga ini,  UT diharapkan semakin mantap
        menjalankan  perannya  dalam  membantu  pemerintah  meningkatkan
        kemampuan mengajar dosen.  Program PEKERTI/AA yang dikembang-
        kan pada periode sebelumnya, pada masa ini sudah lebih diterima secara
        positif oleh  berbagai  kalangan  pendidikan  tinggi.  Bahkan,  program
        PEKERTII AA sudah berhasil membangkitkan kesadaran banyak pihak di
        dunia perguruan tinggi untuk mewadahi beragam upaya peningkatan mutu
        proses pembelajaran melalui  pembentukan pusat/lembaga pengembang-
        an pendidikan  di masing-masing perguruan tinggi.  5elain itu, PEKERTI/
        AA  juga  dikembangkan  untuk  menyentuh  pembelajaran  bidang  ilmu,
        khususnya bidang  ilmu MIPA dasar,  yang  selanjutnya akan disebarluas-
        kan secara nasional.
          Program kerjasama antara UT dengan berbagai institusi untuk peme-
        nuhan kebutuhan pengembangan stafnya berkembang semakin marak pa-
       da periode lima tahun ketiga ini,  walaupun beberapa program kerjasama
       juga mengalami  masa  akhir  karena  berakhirnya  proyek.  Melalui  upaya
       penataan sistem  program  akademik,  relatif program-program  kerjasa-
       ma tersebut dapat tertangani dengan baik.
          Dalam  periode lima  tahun  ketiga,  upaya  pengembangan dan pening-
       katan  kualitas  tenaga  pengajar  UT berjalan  terus.  5ehubungan dengan
       adanya krisis ekonomi nasional dan internasional,  dukungan dana untuk
       peningkatan kualitas tenaga pengajar UT pada masa ini relatif menurun.
       5ejumlah tenaga  pengajar  yang  selesai  melanjutkan  studi  52 dan  53  di
       dalam  dan  luar  negeri  sudah  kembali  lagi  aktif bekerja  di  UT.  Arah

                                      283
   271   272   273   274   275   276   277   278   279   280   281