Page 276 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 276
kerjasama dan pengembangan jaringan kerja seharusnya tidak menjadi
masalah lagi bagi UT, namun ternyata tetap menjadi masalah bagi UT,
terutama dalam hal kecepatan pemeriksaan dan penilaian. Pemikiran
tentang pengembangan dan pemanfaatan bank soal juga terus berlanjut
dalam periode ini, walaupun belum terwujudkan secara nyata.
Dalam periode lima tahun ketiga ini, UT diharapkan semakin mantap
menjalankan perannya dalam membantu pemerintah meningkatkan
kemampuan mengajar dosen. Program PEKERTI/AA yang dikembang-
kan pada periode sebelumnya, pada masa ini sudah lebih diterima secara
positif oleh berbagai kalangan pendidikan tinggi. Bahkan, program
PEKERTII AA sudah berhasil membangkitkan kesadaran banyak pihak di
dunia perguruan tinggi untuk mewadahi beragam upaya peningkatan mutu
proses pembelajaran melalui pembentukan pusat/lembaga pengembang-
an pendidikan di masing-masing perguruan tinggi. 5elain itu, PEKERTI/
AA juga dikembangkan untuk menyentuh pembelajaran bidang ilmu,
khususnya bidang ilmu MIPA dasar, yang selanjutnya akan disebarluas-
kan secara nasional.
Program kerjasama antara UT dengan berbagai institusi untuk peme-
nuhan kebutuhan pengembangan stafnya berkembang semakin marak pa-
da periode lima tahun ketiga ini, walaupun beberapa program kerjasama
juga mengalami masa akhir karena berakhirnya proyek. Melalui upaya
penataan sistem program akademik, relatif program-program kerjasa-
ma tersebut dapat tertangani dengan baik.
Dalam periode lima tahun ketiga, upaya pengembangan dan pening-
katan kualitas tenaga pengajar UT berjalan terus. 5ehubungan dengan
adanya krisis ekonomi nasional dan internasional, dukungan dana untuk
peningkatan kualitas tenaga pengajar UT pada masa ini relatif menurun.
5ejumlah tenaga pengajar yang selesai melanjutkan studi 52 dan 53 di
dalam dan luar negeri sudah kembali lagi aktif bekerja di UT. Arah
283