Page 280 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 280
menjadi pelajar sepanjang hayat, yang memiliki apresiasi tinggi terhadap
profesi dan pembelajaran anak didik, sehingga mereka dapat menjadi gu-
ru dan dosen yang memiliki karakter. Di samping manfaat bagi dirinya
sendiri secara langsung, upaya peningkatan kualitas guru dan dosen juga
memiliki manfaat besar bagi anak didik (direct effect) yang menerima
pembelajaran. Pembelajaran dari guru dan dosen yang cerdas, terampil
mengajar, percaya diri dan berkarakter akan berkualitas tinggi dan akan
menghasilkan lulusan yang cerdas, terampil belajar, percaya diri, dan ber-
integritas tinggi pula. Karakteristik lulusan yang seperti itu merupakan
karakteristik sumber daya manusia yang unggul dan potensial untuk
berkiprah dalam pembangunan bangsa. Guru dan dosen yang berkualitas,
pembelajaran yang akuntabel, dan lulusan yang bermutu tinggi memiliki
dampak juga kepada lingkungan sekelilingnya (side effect), misalnya qa-
lam hal peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidik-
an, peningkatan partisipasi berbagai pihak dalam proses pendidikan,
peningkatan peluang di pasar kerja bagi lulusan. Perubahan dan per-
kembangan yang terjadi di segala bidang mengubah citra guru dan dosen
dari sumber ilmu menjadi fasilitator pembelajaran bagi pencari ilmu.
Dengan demikian, di masa depan, guru dan dosen dituntut untuk
menjalankan fungsinya secara lebih profesional, dan memainkan perannya
yang berbeda dan lebih dari yang sudah diperankan dewasa ini. Jika selarna
lima belas tahun UT telah memainkan peranan penting dalam pening-
katan kualitas guru dan dosen, di masa mendatang, peran UT dalam upa-
ya peningkatan kualitas guru dan dosen yang berkelanjutan menjadi se-
makin vital.
Kebijakan pengembangan program studi di masa depan perlu mem-
perhatikan dan mempertimbangkan masalah kebutuhan-kebutuhan khu-
sus dari program-program tertentu, misalnya kebutuhan praktikum, prak-
tek pemantapan lapangan, dll. Adanya kebutuhan-kebutuhan khusus
287