Page 280 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 280

menjadi pelajar sepanjang hayat,  yang memiliki apresiasi tinggi terhadap
        profesi dan pembelajaran anak didik, sehingga mereka dapat menjadi gu-
        ru  dan  dosen  yang  memiliki  karakter.  Di  samping  manfaat bagi  dirinya
        sendiri secara langsung,  upaya peningkatan kualitas guru dan dosen juga
        memiliki  manfaat  besar  bagi  anak didik  (direct  effect)  yang  menerima
        pembelajaran.  Pembelajaran dari  guru  dan  dosen yang  cerdas,  terampil
        mengajar,  percaya diri dan berkarakter akan berkualitas tinggi dan akan
        menghasilkan lulusan yang cerdas, terampil belajar, percaya diri, dan ber-
        integritas  tinggi  pula.  Karakteristik lulusan  yang  seperti  itu  merupakan
        karakteristik  sumber  daya  manusia  yang  unggul  dan  potensial  untuk
        berkiprah dalam pembangunan bangsa. Guru dan dosen yang berkualitas,
        pembelajaran yang akuntabel,  dan lulusan yang bermutu tinggi memiliki
        dampak juga kepada lingkungan sekelilingnya (side effect),  misalnya  qa-
        lam hal peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidik-
        an,  peningkatan  partisipasi  berbagai  pihak dalam  proses  pendidikan,
        peningkatan  peluang  di  pasar  kerja  bagi  lulusan.  Perubahan  dan  per-
        kembangan yang  terjadi di segala bidang mengubah citra guru dan dosen
        dari  sumber  ilmu  menjadi  fasilitator  pembelajaran  bagi  pencari  ilmu.
        Dengan  demikian,  di  masa  depan,  guru  dan  dosen  dituntut  untuk
        menjalankan fungsinya secara lebih profesional, dan memainkan perannya
        yang berbeda dan  lebih dari yang sudah diperankan dewasa ini. Jika selarna
        lima  belas  tahun  UT telah  memainkan peranan penting  dalam  pening-
        katan kualitas guru dan dosen, di masa mendatang, peran UT dalam upa-
        ya  peningkatan kualitas  guru dan dosen yang  berkelanjutan menjadi  se-
        makin vital.
           Kebijakan  pengembangan  program studi  di  masa  depan  perlu  mem-
        perhatikan  dan  mempertimbangkan  masalah  kebutuhan-kebutuhan  khu-
        sus dari program-program tertentu, misalnya kebutuhan praktikum, prak-
        tek  pemantapan  lapangan,  dll.  Adanya  kebutuhan-kebutuhan  khusus

                                      287
   275   276   277   278   279   280   281   282   283   284   285