Page 275 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 275

tuk dicoba. Sementara mahasiswa memiliki  kebebasan untuk memilih je-
           nis tutorial  yang terbaik untuknya,  yaitu yang memenuhi kebutuhan pro-
           ses  belajar,  terjangkau  secara  ekonomis,  dan  atau  menyenangkan  bagi
           masing-masing  individu  mahasiswa.
              Bantuan akademik mulai diintegrasikan ke dalam sistem UT, yaitu se-
           bagai  komponen  dalam proses  pembelajaran  di  UT yang  diselenggara-
           kan  oleh  UPBJJ-UT.Guna  menjaga  kualitas  tutor,  PATUT  tetap  dise-
           lenggarakan dan dapat diikuti oleh pihak UT maupun pihak swasta.  Akre-
           ditasi  ini  dimaksudkan,  salah  satunya,  untuk  menghindari  terjebaknya
           mahasiswa  UT dalam proses  tutorial  yang tidak bertanggung jawab,  mi-
           salnya  lebih  mengarah kepada  proses  mencoba mengerjakan  soal  ujian,
           daripada tutorial  semestinya.
              Kajian  ujian  dalam komeks program akademik lebih ditekankan pada
           upaya peningkatan kualitas butir soal, dan pemilihan jenis ujian yang tepat
           untuk  keterampilan  tertentu.  Pada periode  lima tahun  ketiga  ini  terlihat
           adanya penurunan kualitas lulusan, misalnya penurunan IPK. Dalam rang-
           ka  membantu mahasiswa agar lebih memahami  materi  mata kuliah,  UT
           mengupayakan revisi tugas mandiri bagi mahasiswa.  Diharapkan melalui
           tugas  mandiri  yang  berkualitas,  sahih  dan  terpercaya,  mahasiswa  dapat
           dipersiapkan untuk menghadapi ujian akhir. Peningkatan kualitas butir so-
           a!  ujian  akhir dan  ujian komprehensif tertulis  terus diupayakan  melalui
           penelaahan butir soal dan pelatihan penulisan soal bagi caJon penulis soal.
              Jika selama ini UT lebih banyak menggunakan soal jenis pilihan ganda
           umuk tugas mandiri maupun untuk ujian, maka dalam periode lima tahun
           ketiga ini terjadi peningkatanjumlah penggunaan butir soal uraian. Hal ini
           ternyata belum dapat tertangani oleh  UT dengan jumlah tenaga pengajar
           yang  cukup  banyak  sekalipun,  sehingga  terjadi  beragam  masalah  ad-
           ministrasi  akadernik  bagi  mahasiswa.  Bahkan  ada  mata  kuliah  tertentu
           yang  memerlukan ujian praktikum,  yang  sesungguhnya  melalui  program

                                          282
   270   271   272   273   274   275   276   277   278   279   280