Page 275 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 275
tuk dicoba. Sementara mahasiswa memiliki kebebasan untuk memilih je-
nis tutorial yang terbaik untuknya, yaitu yang memenuhi kebutuhan pro-
ses belajar, terjangkau secara ekonomis, dan atau menyenangkan bagi
masing-masing individu mahasiswa.
Bantuan akademik mulai diintegrasikan ke dalam sistem UT, yaitu se-
bagai komponen dalam proses pembelajaran di UT yang diselenggara-
kan oleh UPBJJ-UT.Guna menjaga kualitas tutor, PATUT tetap dise-
lenggarakan dan dapat diikuti oleh pihak UT maupun pihak swasta. Akre-
ditasi ini dimaksudkan, salah satunya, untuk menghindari terjebaknya
mahasiswa UT dalam proses tutorial yang tidak bertanggung jawab, mi-
salnya lebih mengarah kepada proses mencoba mengerjakan soal ujian,
daripada tutorial semestinya.
Kajian ujian dalam komeks program akademik lebih ditekankan pada
upaya peningkatan kualitas butir soal, dan pemilihan jenis ujian yang tepat
untuk keterampilan tertentu. Pada periode lima tahun ketiga ini terlihat
adanya penurunan kualitas lulusan, misalnya penurunan IPK. Dalam rang-
ka membantu mahasiswa agar lebih memahami materi mata kuliah, UT
mengupayakan revisi tugas mandiri bagi mahasiswa. Diharapkan melalui
tugas mandiri yang berkualitas, sahih dan terpercaya, mahasiswa dapat
dipersiapkan untuk menghadapi ujian akhir. Peningkatan kualitas butir so-
a! ujian akhir dan ujian komprehensif tertulis terus diupayakan melalui
penelaahan butir soal dan pelatihan penulisan soal bagi caJon penulis soal.
Jika selama ini UT lebih banyak menggunakan soal jenis pilihan ganda
umuk tugas mandiri maupun untuk ujian, maka dalam periode lima tahun
ketiga ini terjadi peningkatanjumlah penggunaan butir soal uraian. Hal ini
ternyata belum dapat tertangani oleh UT dengan jumlah tenaga pengajar
yang cukup banyak sekalipun, sehingga terjadi beragam masalah ad-
ministrasi akadernik bagi mahasiswa. Bahkan ada mata kuliah tertentu
yang memerlukan ujian praktikum, yang sesungguhnya melalui program
282