Page 270 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 270
perluasan kesempatan belajar, penyebaran pendidikan tinggi melalui pu-
sat pertumbuhan, dan penyiapan tenaga untuk keperluan setempat.
Dari penjabaran tentang visi dan program induk sebagaimana yang
tertera dalam Renstra UT 1998-2008, jelas terlihat bahwa upaya pengem-
bangan UT dalam periode lima tahun ketiga lebih difokuskan kepada
penataan sistem UT, sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh, un-
tuk menjadi sistem yang handal. Secara lchusus dalam program akademik,
penataan sistem akademik UT juga merupakan fokus utama. Diharapkan
pada alchir periode lima tahun ketiga ini, UT memiliki sistem akademik
yang dapat dipercaya dan terjamin akuntabilitasnya sehingga dapat diperoleh
luaran UT yang berkualitas tinggi - sebagai human capital bangsa Indone-
sia.
Has// Pengembangan Program
Dalam periode lima tahun ketiga, ketika penataan sistem menjadi fo-
kus utama, basil yang diperoleh lebih banyak bersifat intangible (tidak nya-
ta) dalam bentuk perbaikan sistem program akademik untuk peningkatan
kualitas layanan dan mutu keluaran UT pada alchirnya.
Beberapa program studi yang dipandang tidak sesuai dengan sistem
UT sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh, atau tidak sesuai lagi
dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan lingkungan eksternal yang
terjadi, tidak dilanjutkan keberadaannya di UT, misalnya, program sertiflkat
komputer dan program studi Sl Administrasi Pembangunan. Beberapa
program studi yang dilaksanakan berdasarkan kerjasama proyek dengan
instansi tertentu temyata juga berakhir rnasa proyeknya, sehingga tidak
dilanjutkan. Di samping itu ada juga program studi yang statusnya dialihkan
dari status proyek menjadi status program studi reguler milik UT (misalnya
program pendidikan guru SMP bidang studi IPA, Matematika, Bahasa
Indonesia, Bahasa Inggris).
277