Page 270 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 270

perluasan kesempatan belajar, penyebaran pendidikan tinggi melalui pu-
        sat pertumbuhan, dan penyiapan tenaga untuk keperluan setempat.
           Dari  penjabaran  tentang  visi  dan  program  induk  sebagaimana  yang
        tertera dalam Renstra UT 1998-2008, jelas terlihat bahwa upaya pengem-
        bangan  UT dalam periode  lima  tahun  ketiga  lebih  difokuskan  kepada
        penataan sistem UT, sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh, un-
        tuk menjadi sistem yang handal. Secara lchusus dalam program akademik,
        penataan sistem akademik UT juga merupakan fokus utama.  Diharapkan
        pada alchir periode lima tahun ketiga ini,  UT memiliki sistem akademik
        yang dapat dipercaya dan terjamin akuntabilitasnya sehingga dapat diperoleh
        luaran UT yang berkualitas tinggi - sebagai human capital bangsa Indone-
        sia.


        Has// Pengembangan Program
           Dalam periode lima tahun ketiga, ketika penataan sistem menjadi fo-
        kus utama, basil yang diperoleh lebih banyak bersifat intangible (tidak nya-
        ta) dalam bentuk perbaikan sistem program akademik untuk peningkatan
        kualitas layanan dan mutu keluaran UT pada alchirnya.
            Beberapa program studi  yang dipandang  tidak sesuai dengan sistem
        UT sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh, atau tidak sesuai lagi
        dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan lingkungan eksternal yang
        terjadi, tidak dilanjutkan keberadaannya di UT, misalnya, program sertiflkat
        komputer  dan program  studi  Sl  Administrasi  Pembangunan.  Beberapa
        program studi yang  dilaksanakan berdasarkan kerjasama  proyek dengan
        instansi tertentu  temyata juga berakhir rnasa  proyeknya,  sehingga  tidak
        dilanjutkan. Di samping itu ada juga program studi yang statusnya dialihkan
        dari status proyek menjadi status program studi reguler milik UT (misalnya
        program  pendidikan  guru  SMP bidang  studi  IPA,  Matematika,  Bahasa
        Indonesia, Bahasa Inggris).

                                       277
   265   266   267   268   269   270   271   272   273   274   275