Page 287 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 287
validitas akademis materi bahan ajar, akan mengidentifikasi calon penu-
lis modul yang saat ini sebagian besar berasal dari berbagai perguruan
tinggi dan institusi di luar UT. Meskipun saat ini mulai diupayakan adanya
penulis bahan ajar dari intern dosen UT, tetapi jurnlahnya kecil. Penulis
diminta untuk mengembangkan garis-garis besar pengajaran bahan ajar
yang akan ditulis, dan selanjutnya menulis bahan ajar tersebut mengguna-
kan format penulisan yang ditentukan oleh UT. Kegiatan pengembangan
GBPP dan awal penulisan biasanya dilakukan dalam suatu lokakarya ten-
tang desain bahan ajar, yang sekaligus merupakan orientasi bagi penulis
untuk memahami visi, misi dan sifat pembelajaran dalam program belajar
jarak jauh.
Format penulisan bahan ajar UT mengikuti strategi instruksional, yang
merupakan penerapan prinsip-prinsip pembelajaran untuk menyusun bah-
an ajar mandiri. Di dalamnya mencakup kejelasan kompetensi akhir yang
menjadi tujuan pembelajaran, pemaparan materi secara sistematis
dilengkapi contoh untuk memperjelas konsep dan prinsip, latihan untuk
membantu proses penalaran mahasiswa saat mempelajari materi, rang-
kuman sebagai penguatan esensi materi yang dipelajari, dan tes untuk
mengukur penguasaan materi. Strategi pemaparan materi seperti ini
ditampilkan dalam suatu perwajahan materi cetak yang menggunakan sign-
posting dan tata-letak untuk memudahkan mahasiswa mengikuti alur
strategi pemaparan dan menemukan bagian yang penting.
Dari suatu penelitian dengan sampel mahasiswa reguler, 80% respon-
den menyatakan bahwa dengan strategi penyajian bahan belajar yang
digunakan, bahan belajar UT dapat membantu motivasi mereka untuk be-
lajar. Namun sementara mahasiswa juga berpendapat bahwa bahan be-
lajar UT kurang menarik minat baca dengan alasan: terlalu tebal, materi
sulit dipahami karena kalimat yang digunakan panjang, pendek kata,
membosankan (Soetrisno, 1996).
294