Page 259 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 259
Landasan Pengembangan Program Akademik
Pada awal berdirinya UT, pengembangan program dilakukan berda-
sarkan kepada beberapa faktor internal maupun eksternal yang mem-
pengaruhi sistem UT. Di samping asumsi kemampuan UT untuk menam-
pung siswa dalam jumlah yang besar, penerapan sistem belajar mandiri
yang mempergunakan beragam media belajar cetak maupun noncetak,
serta sistem resource sharing (pemanfaatan bersama), upaya pengembangan
program UT juga mempertimbangkan beberapa hal berikut.
1. Seberapa mampu UT, sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak ja-
uh, mengembangkan dan melaksanakan program akademik yang
memerlukan praktek kerja serta kerja laboratorium?
Keterbatasan yang dihadapi UT pada awal berdirinya ialah bahwa UT
belum mampu mengembangkan dan melaksanakan program akade-
mik yang memerlukan praktek kerja serta kerja laboratorium. Walau-
pun pada saat itu dirasakan adanya kebutuhan nasional untuk pendi-
dikan profesional di beberapa bidang ilmu yang jelas-jelas memerlu-
kan praktek kerja serta kerja laboratorium sebagai bagian dari proses
pembelajarannya, UT hanya mampu menjadi perguruan tinggi terbuka
dan jarak jauh (PTTJJ) yang menawarkan program akadernik melalui
bahan ajar tertulis.
2. Seberapa jauh pengembangan dan pelaksanaan program akademik UT
mampu mengakomodasikan perubahan-perubahan dan perkembang-
an bidang ilmu yang terjadi secara cepat ?
Perencanaan sistem belajar terbuka dan jarak jauh, yang perlu mem-
perhatikan proses pengembangan program dan pemanfaatan sumber
daya yang terbatas, serta melibatkan banyak pihak, tidak memungkin-
kan UT untuk berinovasi terlalu cepat. Dengan demikian, program yang
dikembangkan pada awal berdirinya UT lebih mengikuti kurikulum
264