Page 25 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 25

mengajar.  Siswa  berinisiatif dan benanggung jawab terhadap pengelola-
            an  proses  belajarnya,  mereka  dapat  menentukan  apa  yang  akan  dipela-
            jari,  mereka dapat belajar di  mana saja,  kapan saja, dengan cara bagai-
            mana saja,  menggunakan apa  saja,  dan mereka sendiri  dapat  mengukur
            kinerja mereka bilamana diperlukan dan dikehendaki.  Di awal tahun 1960-
            an,  Skinner  muncul  dengan  teorinya  tentang programmed learning  dan
            alarnya yang dikenal dengan nama tlze teaching machine sebagai  langkah
            awal dari pengembangan pembelajaran individual. Selanjutnya, penelitian
            tenrang  pembelajaran  individual  terus  dilakukan,  sekaligus  dilengkapi
            dengan  perkembangan  teknologi  informasi,  sampai  pada  konsep  virtual
            teaming  (proses belajar maya) melalui jaringan internet.
               lstilah sistem pendidikan terbuka,  sebagai terjemahan dari istilah ba-
            hasa Inggris open education seringkali digunakan sebagai istilah yang sa-
            ma maknanya dengan sistem pendidikan jarak jauh (distance education).
            Hal  ini  terutama disebabkan  oleh popularitas nama Open University dari
            lnggris  yang  sesungguhnya  merupakan  suatu  Jembaga  pendidikan jarak
            jauh. Istilah "terbuka" dalam sistem pendidikan terbuka sebenarnya lebih
            berani bebas  dari  keterbatasan,  dan san1a  sekali tidak ada hubungannya
            dengan sistem pendidikan jarak jauh. Dewal (1986) menyatakan bahwa ji-
            ka sistem pendidikan jarak jauh Iebih mengacu kepada sistem (atau mo-
            dus)  penyampaian proses  pembelajaran,  maka  sistem pendidikan terbu-
            ka  mengacu  kepada  perubahan struktur organisasi  pendidikan,  menjadi
            suatu  organisasi  yang  terbuka  dalam hal  tempat,  waktu,  materi  pembe-
            lajaran, sistem pembelajaran, dan lain-lain. Sebuah organisasi pendidikan
           jarak jauh dapat saja menerapkan sistem pendidikan terbuka,  begitu juga
            sebaliknya  sebuah organisasi  pendidikan terbuka dapat saja menerapkan
            sistem pendidikan jarak jauh.  Menurut Foks  (1987),  pendidikan terbuka
            merupakan pola pikir dan pendekatan yang digunakan untuk menyediakan
            beragam  pilihan  dalam belajar  bagi  siswa,  serta  memberikan  sebanyak

                                           18
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30