Page 21 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 21

organisasian dan pemantauan dari suatu organisasi pendidikan,  serta
               penyediaan  proses pembimbingan  dan  tutorial  -- baik  dalam  bentuk
               langsung (real conversation) maupun simulasi (simulated conversation)
               (Holmberg, 1977).
               Tahun 1980, Keegan memberikan definisi sistem pendidikan jarakja-
            uh  berdasarkan  basil  analisisnya  terhadap  beragam  definisi  dan  tradisi
            praktis.  Menurut Keegan  sistem pendidikan jarak jauh memiliki  karak-
            teristik sebagai berikut:
            1.  terpisahnya  pengajar  dan  siswa  yang  membedakan pendidikan jarak
              jauh dengan pengajaran tatap muka;
            2.  ada pengaruh dari suatu organisasi pendidikan yang  membedakannya
              dengan belajar sendiri di rumah (home study);
            3.  penggunaan beragam media- cetak, audio, video, komputer, atau mul-
               timedia - untuk mempersatukan pengajar dan siswa dalam suatu inter-
              aksi  pembelajaran;
            4.  penyediaan komunikasi dua arab sehingga siswa dapat menarik inan-
              faat darinya, dan bahlcan mengambil inisiatif dialog;
            5.  kemungkinan pertemuan sekali-sekali untuk keperluan pembelajaran
              dan sosialisasi (pembelajaran diarahkan kepada individu - bukan ke-
              pada kelompok); dan
            6.  proses pendidikan yang memiliki bentuk hampir sama dengan proses
              industri.


               Batasan tersebut,  walaupun masih  terasa terlalu  luas,  pada  masanya
            telah dapat membantu menjelaskan suatu sistem pendidikan yang berbe-
            da (dari sistem pendidikan lainnya atau konvensional) dan kompleks. Wa-
            laupun demikian, Sewart (1982) menyatakan bahwa hendaknya perbedaan
           antara sistem pendidikan jarak jauh dengan sistem pendidikan lainnya ti-
            dak dilihat sebagai dua hal yang berbeda tanpa berhubungan sama sekali.

                                           14
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26