Page 26 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 26

mungkin  kendali  bagi  siswa untuk  menentukan hal  yang  akan  dipelajari
        dan  straregi  belajar.  Cunningham  (1987)  menyatakan bahwa pendidikan
        terbuka sama dengan self-managed learning (proses belajar yang dikelola
        sendiri).

           Pada dasamya  para ahli pendidikan terbuka berpendapat bahwa  pen-
        didikan terbuka membuka kesempatan belajar kepada segala lapisan dan
        kelompok  masyarakat  sehingga  memungkinkan  mereka  lebih  memiliki
       kebebasan pilihan dalam belajar. Dalam hal ini, termasuk juga membuka
        akses yang  lebih  luas bagi masyarakat terhadap pendidikan,  dan menye-
       diakan  kesempatan  yang  lebih  besar  bagi  siswa untuk  mengendalikan
       pengelolaan  proses  belajar.  Menurut  beberapa  ahli.,  sistem  pendidi~an
       terbuka adalah:

        1.  Sistem  di  mana  pembatasan  terhadap  siswa  diusahakan  seminimal
          mungkin.  Sistem pendidikan terbuka  menggunakan beragam strategi
          pembelajaran,  khususnya  belajar rnandiri  dan pembelajaran  individu
          (independent and individualized learning) (Coffey, 1977).
       2.  Pengaturan yang memungkinkan seseorang untuk belajar pada waktu,
          tempat,  dan  kecepatan  yang  dipilihnya.  Penekanannya  adalah  pada
          pemberian kesempatan memperoleh pendidikan bagi semua orang tanpa
          harus  terhambat secara geografis,  secara personal  (sosial  ekonomi),
          karena pekerjaan,  atau karena struktur sistem pendidikan konvensio-
          nal (Manpower Services Commission,  1984)
       3.  Bentuk pembelajaran yang dirancang secara fleksibel untuk memenuhi
          beragam kebutuhan individu siswa. Seringkali digunaka!l sebagai cara
          untuk  menghilangkan  hambatan  belajar  bagi  siswa yang  tidak  dapat
          hadir dalam bentuk pembelajaran  konvensional,  dan sangat berfokus
          pada siswa  (learner centered) (Lewis &  Spencer,  1986).
       4.  Beragam  kesempatan  belajar  yang  bertujuan  untuk  memberikan  ak-


                                       19
   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31