Page 26 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 26
mungkin kendali bagi siswa untuk menentukan hal yang akan dipelajari
dan straregi belajar. Cunningham (1987) menyatakan bahwa pendidikan
terbuka sama dengan self-managed learning (proses belajar yang dikelola
sendiri).
Pada dasamya para ahli pendidikan terbuka berpendapat bahwa pen-
didikan terbuka membuka kesempatan belajar kepada segala lapisan dan
kelompok masyarakat sehingga memungkinkan mereka lebih memiliki
kebebasan pilihan dalam belajar. Dalam hal ini, termasuk juga membuka
akses yang lebih luas bagi masyarakat terhadap pendidikan, dan menye-
diakan kesempatan yang lebih besar bagi siswa untuk mengendalikan
pengelolaan proses belajar. Menurut beberapa ahli., sistem pendidi~an
terbuka adalah:
1. Sistem di mana pembatasan terhadap siswa diusahakan seminimal
mungkin. Sistem pendidikan terbuka menggunakan beragam strategi
pembelajaran, khususnya belajar rnandiri dan pembelajaran individu
(independent and individualized learning) (Coffey, 1977).
2. Pengaturan yang memungkinkan seseorang untuk belajar pada waktu,
tempat, dan kecepatan yang dipilihnya. Penekanannya adalah pada
pemberian kesempatan memperoleh pendidikan bagi semua orang tanpa
harus terhambat secara geografis, secara personal (sosial ekonomi),
karena pekerjaan, atau karena struktur sistem pendidikan konvensio-
nal (Manpower Services Commission, 1984)
3. Bentuk pembelajaran yang dirancang secara fleksibel untuk memenuhi
beragam kebutuhan individu siswa. Seringkali digunaka!l sebagai cara
untuk menghilangkan hambatan belajar bagi siswa yang tidak dapat
hadir dalam bentuk pembelajaran konvensional, dan sangat berfokus
pada siswa (learner centered) (Lewis & Spencer, 1986).
4. Beragam kesempatan belajar yang bertujuan untuk memberikan ak-
19