Page 28 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 28
pilihan bahan ajar merupakan media penyampaian ilmu pengetahuan (subject
matter) yang (hampir) menggantikan kehadiran pengajar karena adanya
jarak ruang dan waktu antara siswa dan pengajar, maka dalam sistem
pendidikan terbuka, ragam pilihan bahan ajar merupakan medi~ penyam-
paian ilmu pengetahuan yang disediakan untuk dipilih siswa secara bebas.
Bahan ajar dan media pembelajaran dalam sistem pendidikan terbuka da-
pat dipilih siswa sebagai sumber utama pengganti kehadiran pengajar,
sebagai sumber utama di samping kehadiran pengajar, sebagai sumber
utama ditambah dengan layanan bantuan belajar (tutorial, kelompok be-
lajar, dll.). Pilihan siswa dalam hal bahan ajar tidak hanya mencakup ben-
tuk, jenis, ruang lingkup, dan atau isi, tetapi juga mencakup titik awal
mulainya proses belajar. Oleh karena itu, bahan ajar dalam sistem
pendidikan terbuka dikenal dengan nama bahan ajar fleksibel (flexible
package) .
Pada beberapa organisasi pendidikan yang menerapkan sistem pen-
didikan terbuka, istilah "terbuka" juga berarti terbuka dalam hal kriteria
pendaftaran siswa. Misalnya, Ramkhahaeng University di Thailand meru-
pakan organisasi pendidikan yang menerapkan sistem pendidikan terbuka
yang menerima siswa secara terbuka, tanpa ada persyaratan apapun. Da-
pat saja seorang siswa tidak memiliki ijasah formal sekolah menengah,
namun ia dapat menjadi siswa perguruan tinggi melalui proses penilaian
experiential learning (pengakuan dan penilaian pengalaman seseorang
untuk ekuivalensi mata kuliah).
Dengan semua kebebasan yang disediakan dan untuk mempenahan-
kan kredibilitas, barangkali satu-satunya hal yang dikendalikan oleh or-
ganisasi pendidikan terbuka adalah standardisasi kriteria pemberian ser-
tifikat, atau kriteria kelulusan. Namun untuk mencapai kelulusan terse-
but, siswa boleh memilih dan menempuh seribu satu macam cara, sesuai
dengan beragam pilihan yang tersedia dari organisasi pendidikan.
21