Page 33 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 33

lajar  siswa  merupakan  komponen  esensial  dalam  kegiatan  pembela-
               jaran.  Di samping itu, konsep  kemandirian dan interaksi adalah kon-
               sep esensial dalam sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh.
            3.  Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh memiliki sistem perencanaan
               yang  berfokus  kepada  siswa  (student  centered)  dan  dapat  dipertang-
               gungjawabkan  secara publik (akuntabilitas).  Pro!.es  pembetajaran  di-
               rancang  berdasarkan  kebutuhan  dan  karakteristik  siswa,  ranpa  melu-
               pakan  karakteristik  pembelajaran  terbuka  dan  jarak  jauh.  Semua
               perencanaan dilakukan jauh sebelum proses pembelajaran dilaksana-
               kan dan biasanya didokumentasikan dengan baik. Dengan sifarnya yang
               terbuka, maka proses pembelajaran dapat diakses oleh siapa saja yang
               berpartisipasi, dan semua yang terjadi  dalam proses pembelajaran da-
               pat dipertanggungjawabkan secara publik.
            4.  Sistem pendidikan terbuka danjarakjauh mempersyaratkan keterampil-
               an berkomunikasi yang efektif bagi semua yang berpartisipasi di dalam-
               nya, yaitu siswa, pengajar dan atau tutor, dan organisasi.  Penyajian be-
               ragam materi pembelajaran melalui berbagai  media dan interaksi yang
               rerjadi  antara  siswa,  pengajar  dan  arau  tutor,  dan  organisasi  harus
               berlandaskan  pada proses  komunikasi  dan  keterampilan  komunikasi
               yang  efekrif.  Di  samping itu, penyajian materi  pembelajaran  melalui
               media saja belumlah cukup jika tidak disertai dengan beragam interaksi
               anrara  siswa,  vengajar  dan  atau  tutor,  dan  organisasi,  baik  secara
               langsung maupun difasilitasikan oleh media.


            Daftar Pustaka
            Coffey, J. (1977). Open learning for mature studems. London: Council for
                 Educational Technology.
            Cunningham, J. (1987). Openness and learning to Jearn. Dalam Hodgson,
                 V.E.,  Mann,  S.J.  &  Snell,  R.  (eds.),  Beyond distance  teaching  -

                                           26
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38