Page 37 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 37

PERKEMBANGAN  PEMIKIRAN TENTANG
                   PENDIDIKAN TERBUKA DAN  JARAK JAUH




                                      Tian Belawati






           Pendahuluan
              Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ)  merupakan  sistem
           yang  menggabungkan konsep pendidikan  terbuka dengan pendidikan ja-
           rak jauh. Konsep pendidikan terbuka yang dalam bahasa Inggris disebut
           open education atau open learning pacta dasarnya merupakan suatu tujuan
           atau  cita-cita  kebijaksanaan  mengenai  sistem  pendidikan.  Konsep  ini
           menekankan  pentingnya  keluwesan  sistem,  terutama  dalam  mengatasi
           kendala  tempat,  waktu,  dan  aspek  yang  disebabkan  oleh  karakteristik
           mahasiswa  seperti  misalnya  keadaan  ekonomi  (Bates, 1995).  Semen tara
           itu, pendidikanjarakjauh (distance educaiion atau disrance learning) lebih
           merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mencapai sis-
           tern pendidikan terbuka.
              Dengan kata  lain,  sistem pendidikan terbuka merupakan sistem pen-
           didikan yang  memungkinkan setiap individu untuk belajar tanpa  restriksi
           apapun  (Bates,  1995).  Keadaan  ini  merupakan sesuatu yang  ideal, yang
           dalam prakteknya tidak selalu dapat dilaksanakan.  Untuk mencapai kea-
           daan ideal itu, metode pendidikan jarak jauh merupakan salah  satu  me-
           tode  pendidikan  yang  sejauh  ini  dianggap  lebih  mampu  dari  metode
           pendidikan tatap muka (konvensional).
              Tulisan  ini  membahas  perkembangan  pemikiran  tentang  pendidikan
           jarak jauh  sebagai  alternatif  metode  pendidikan,  perkembangan  teori

                                          30
   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42