Page 37 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 37
PERKEMBANGAN PEMIKIRAN TENTANG
PENDIDIKAN TERBUKA DAN JARAK JAUH
Tian Belawati
Pendahuluan
Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) merupakan sistem
yang menggabungkan konsep pendidikan terbuka dengan pendidikan ja-
rak jauh. Konsep pendidikan terbuka yang dalam bahasa Inggris disebut
open education atau open learning pacta dasarnya merupakan suatu tujuan
atau cita-cita kebijaksanaan mengenai sistem pendidikan. Konsep ini
menekankan pentingnya keluwesan sistem, terutama dalam mengatasi
kendala tempat, waktu, dan aspek yang disebabkan oleh karakteristik
mahasiswa seperti misalnya keadaan ekonomi (Bates, 1995). Semen tara
itu, pendidikanjarakjauh (distance educaiion atau disrance learning) lebih
merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mencapai sis-
tern pendidikan terbuka.
Dengan kata lain, sistem pendidikan terbuka merupakan sistem pen-
didikan yang memungkinkan setiap individu untuk belajar tanpa restriksi
apapun (Bates, 1995). Keadaan ini merupakan sesuatu yang ideal, yang
dalam prakteknya tidak selalu dapat dilaksanakan. Untuk mencapai kea-
daan ideal itu, metode pendidikan jarak jauh merupakan salah satu me-
tode pendidikan yang sejauh ini dianggap lebih mampu dari metode
pendidikan tatap muka (konvensional).
Tulisan ini membahas perkembangan pemikiran tentang pendidikan
jarak jauh sebagai alternatif metode pendidikan, perkembangan teori
30