Page 38 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 38

mengenai pentingnya interaksi dalam pendidikan jarak jauh untuk menja-
         min kualitas pendidikan,  serta pengaruh perkembangan teknologi  infor-
         masi dan komunikasi yang sangat pesat yang memungkinkan tercapainya
         suatu sistem pendidikan tanpa restriksi sehingga menjadi lebih terb'wca.


         Paradigma Akses vs. Kualitas
           Pada  awalnya,  pemikiran  mengenai  sistem  pendidikan jarak jauh
        didominasi  oleh pengertian  sebagai  suatu  bentuk pendidikan yang  dida-
         sarkan pada penggunaan bahan ajar standar yang diproduksi secara rna-
        sal untuk mencapai keuntungan ekonomis (economies of scale). Pemikir-
        an  ini  mencerminkan penekanan pada isu  aksesibilitas sebagai fokus  pe-
        nyelenggaraan pendidikan. Keinginan untuk meningkatkan akses terhadap
        pendidikan telah menjadi pemicu utama penyelenggaraan pendidikan ja-
         rak jauh di  banyak  negara  (Garrison,  1993).  Paradigma  ini  sejalan de-
        ngan filosofi mengenai otonomi dan kemandirian mahasiswa yang banyak
        dipelajari  oleh Moore  (1993).  Selama  bahan ajar  telah  dikembangkan,
        maka diasumsikan mahasiswa mempunyai otonomi dan kemandirian utuh
        untuk melakukan kegiatan belajarnya.
           Berdasarkan  fenomena  paradigma  akses  ini,  pendidikan jarak jauh
        dianggap  sebagai  suatu  bentuk  industrialisasi  pada  bidang  pendidikan
        (Peters,  1967 dalam Keegan,  1993). Menurut Peters, pendidikan jarak ja-
        uh  merupakan  produk  masyarakat  era  industri.  Sebagai  suatu  sistem,
        proses pendidikan jarak jauh mempunyai banyak persamaan dengan suatu
        proses  produksi  industri  (pabrik).  Keduanya  mempunyai  kesamaan  ka-
        rakteristik dalam hal  adanya  pembagian tugas  yang jelas antara pekerja
        (division  of labour),  mekanisasi,  produksi  masal,  standardisasi  output,
        dan sentralisasi  sistem.  Adanya  kesesuaian antara sistem  pendidikan ja-
        rak jauh dengan situasi masyarakat industri inilah yang menyebabkan sis-
        tern ini dapat diterima oleh masyarakat dan berhasil digunakan untuk me-

                                       31
   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43