Page 32 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 32

Biasanya  bahan  ajar  disediakan  dalam  bentuk  multimedia  terpadu,  de-
        ngan  kemungkinan  untuk mencetak bagian-bagian tertentu  pada printer
        seseorang.  Siswa boleh  mempelajari  bahan  ajar  tersebut  sendiri,  tanpa
        bantuan  belajar apapun.  Jika diperlukan,  siswa dapat memperoleh  ban-
        tuan  belajar  dalam  tl!ntuk interaksi  yang  difasilitasikan  oleh  komputer,
        yaitu  belajar berbantuan komputer  (compurer assisted learning),  belajar
        berbantuan pengajar dan atau tutor secara synchronous (dalam titik waktu
        yang sama) maupun asynchronous (dalam titik waktu yang berbeda), dan
        atau belajar berbantuan sumber belajar lain seperti ternan dan pakar mela-
        lui  surat elektronik (e-mail),  perpustakaan (melalui kunjungan ke  situs-
        situs perpustakaan yang ada dalam jaringan internet).  Penilaian basil be-
        la  jar siswa juga dapat dilakukan secara jarak jauh melalui  komputer dan
        secara terbuka - kapan saja siswa merasa siap untuk dinilai.
           Dari  beragam definisi  serta perkembangan dan perubahan yang  ter-
        jadi dalam praktik pendidikan terbuka dan jarak jauh di  berbagai negara,
        ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, yaitu:
        I.  Keberadaan  sistem  pendidikan  terbuka  dan jarak jauh,  selain  untuk
           mencapai tujuan pendidikan sebagaimana tercantum dalam kurikulum,
          juga diarahkan untuk peningkatan akses terhadap pendidikan (meng-
           atasi keterpisahan dan membuka kesempatan memperoleh pendidikan).
           Dengan sendirinya, hal tersebut sangat erat kaitannya dengan masalah
           keadilan sosial, pemerataan antar kelompok, dan liberalisasi pendidik-
           an lintas ruang dan waktu bagi seluruh individu dalam suatu masyara-
           kat. Oleh karena itu, sistem pendidikan terbuka danjarakjauh seringkali
           merupakan suatu sistem pendidikan yang kental bernuansakan politik.
        2.  Sistem pendidikan terbuka danjarakjauh memiliki proses dan hubung-
           an  interaktif antara siswa dan pengajar secara terbuka dan jarak jauh.
           Dalam  hal  ini,  keragaman  interaksi  yang  difasilitasikan  oleh  media,
           terstruktur secara sistematis. dan bertujuan untuk membantu proses be-

                                       25
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37