Page 27 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 27

ses  bagi  siswa terhadap  ilmu pengetahuan  dan  keterampilan  yang  ti-
               dak  mungkin  diperoleh  melalui  kesempatan  lain,  serta  memberikan
               kesempatan  kepada  siswa  untuk  mengendalikan  proses  belajarnya
               (Dixon,  1987).
            5.  Merupakan  sebuah  pola  pikir,  daripada  suatu  metode  pembelajaran
               yang unik (Jack, 1988).
            6.  Suatu sistem yang tidak hanya berurusan dengan masalah akses, tetapi
              juga berurusan  dengan  masalah  pemberian kesempatan  yang  merata
               bagi semua orang untuk berhasil (Holt &  Bonnici,  1988).


               Konsep inti dari definisi-definisi yang diberikan adalah "siswa memiliki
            kebebasan  memilih".  Siswa  bertanggung  jawab  terhadap  proses  belajar
            mereka,  mereka merniliki  kebebasan untuk menentukan kecepatan bela-
            jar  (pace) ,  tempat bela jar,  waktu  bela jar,  dan  proses  bela jar  mereka.
            Peraturan  dan  tata tertib  yang  diberlakukan  oleh  organisasi  pendidikan
            terbuka terhadap siswa adalah minimal.
               Pada akhirnya, menurut Lewis dan Spencer (1986), sistem pendidikan
            terbuka yang sangat berfokus kepada siswa bertujuan untuk menghasilkan
            individu  yang  mandiri  dan  otonom  (independent  and autonomous  indi-
            vidual).  Untuk mencapai tujuan tersebut, mulai dari awal proses pembe-
            lajaran,  siswa suclah diberikan kebebasan  untuk memilih dan  mengelola
            proses  belajarnya sendiri;.  Dalam hal  ini,  organisasi pendidikan terbuka
            berperaa sebagai  fasilitator  dalam proses belajar siswa  dengan  menye-
            diakan  beragam  pilihan  ~bentuk, jenis,  ruang  lingkup,  isi)  bahan  ajar,
            beragam media pembelajar.an, beragam layanan bantuan bela jar (learners'
            support system),  dan beragam pilihan penilaian basil bela jar.
               Ragam pilihan bahan ajar  yang  digunakan dalam  sistem pendidikan
            terbuka  adalah  sama  dengan  ragam  pilihan  bahan  ajar  dalam  sistem
            pendidikan jarak jauh.  Jika  dalam  sistem pendidikan jarak jauh,  ragam

                                           20
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32