Page 30 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 30

tetap  ada,  misalnya  dengan  adanya  keterampilan  baku  yang  diharapkan
       oleh program  D 1 Perpajakan (tujuan  kurikuler program studi),  dan  atau
       adanya kriteria baku kelulusan dari organisasi pendidikan.
          Bagaimana siswa be/ajar? menjelaskan tentang beragam cara yang
       dapat ditempuh  siswa  untuk  belajar.  Cara dalam hal  ini  meliputi  waktu
       untuk belajar (kapan  saja),  tempat untuk  belajar  (di  mana  saja),  kece-
       patan belajar (seberapa cepat), media belajar, jenis bantuan belajar (tuto-
       rial, kelompok belajar,  sendiri),  dan sumber belajar yang digunakan.
          Walaupun  dalam  garis  kontinum  ada  dua  sisi  ekstrim,  yang  paling
       terbuka  dan  yang  paling  tertutup,  pada  praktiknya  tidak ada  organisasi
       pendidikan  yang  terbuka  dalam  semua  aspek  atau  yang  tertutup  dalam
       semua aspek. Yang ada hanya derajat keterbukaan dan ketertutupan suatu
       organisasi pendidikan yang berbeda-beda berdasarkan (kebutuhan) pang-
       sa pasar,  kemampuan sistem, dan lingkungan di mana organisasi tersebut
       berada.


       Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
          Istilah  sistem pendidikan  terbuka  dan jarak jauh digunakan  sebagai
       satu istilah yang  mencakup makna sistem pendidikan terbuka dan sistem
       pendidikan jarak jauh. Hubungan antara kedua sis tern tersebut tidak men-
       jadi terpisah sendiri-sendiri tetapi sebagai satu kesatuan yang utuh dalam
       satu  bentuk  pendidikan.  Jika  diamati  dengan  seksama,  implisit  adanya
       ketumpang-tindihan dalam berbagai definisi sistem pendidikan terbuka dan
       sistem  pendidikan jarak jauh.  Keterpisahan  merupakan  ciri  utama  dari
       sistem pendidikan jarak jauh, sedangkan terbukanya ak es terhadap pen-
       didikan dan kebebasan memilih bagi siswa merupakan ciri utama dari sis-
       tern pendidikan terbuka.
          Pada  praktek.nya,  organisasi  pendidikan jarak jauh didirikan  karena
       adanya k.ebutuhan  untuk. menjembatani k.eterpisahan ruang dan waktu an-
                                      23
   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34   35