Page 19 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 19

rak  mulai populer,  istilah pendidikan koresponden dianggap menjadi ter-
            lalu  sempir.  Kemudian  muncul  istilah  independent study  (belajar  man-
           diri), lzome study (belajar di  rumah),  dan external study (belajar di  Juar
           sekolah). Baru pada sekitar tahun  1970-an, bersamaan dengan berdirinya
           Open University di lnggris, istilah pendidik:anjarakjauh menjadi populer
           dan  digunakan untuk mencakup pendidikan korespondensi,  independent
           study.  home study,  dan external study.
               Selama riga dasawarsa terakhir,  istilah sistem pendidikan jarak jauh,
           yang berasal dari bahaSa Inggris distance education, digunakan untuk men-
           jelask:an  beragam  pendek.afa:~ terhadap  proses belajar  mengajar,  seperti
           home study,  correpondence education, independent study, tete-education,
           open learning,  dan external studies.  ~istem pendidikan jarak jauh mem-
           punyai dua komponen yaitu  sistem belajar jarak jauh (distance  Learning)
           dan sistem pengajaranjarakjauh (distance teaching) (Keegan, 1990). Sis-
           rem  bela jar jarak jauh memberikan penekanan kepada siswa  dan proses
           belajar (learner-centered),  sedangkan sistem pengajaran jarak jauh lebih
           berfokus  pada  proses  pengajaran,  sis tern  organisasi,  dan  pengajarnya
           (teacher  and system  centered).  Sementara  itu,  sistem pendidik:an jarak
           jauh berfokus pada kedua sisi  secara utuh,  baik pada siswa  dan  proses
           belajarnya, maupun pada proses pengajaran, sistem organisasi, dan penga-
           jarnya.
               Berbagai  ahli  Lelah  mencoba  mendefinisikan  pendidikan jarak jauh
           menurut  sudut  pandangnya  masing-masing.  Beberapa  definisi  yang  di-
           berikan para  ahli  menjelaskan  bahwa  sistem pendidikan jarak jauh ada-
           lab:
           l.  suatu bentuk pembelajaran mandiri yang terorganisasi secara sistematis,
              di mana konseling, penyajian materi pembelajaran, dan penyeliaan serta
              pemantauan  keberhasilan  siswa  dilakukan  oleh  seke-lompok  tenaga
              pengajar yang memilik:i tanggung jawab yang saling berbeda.  Pembe-

                                           12
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24