Page 19 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 19
rak mulai populer, istilah pendidikan koresponden dianggap menjadi ter-
lalu sempir. Kemudian muncul istilah independent study (belajar man-
diri), lzome study (belajar di rumah), dan external study (belajar di Juar
sekolah). Baru pada sekitar tahun 1970-an, bersamaan dengan berdirinya
Open University di lnggris, istilah pendidik:anjarakjauh menjadi populer
dan digunakan untuk mencakup pendidikan korespondensi, independent
study. home study, dan external study.
Selama riga dasawarsa terakhir, istilah sistem pendidikan jarak jauh,
yang berasal dari bahaSa Inggris distance education, digunakan untuk men-
jelask:an beragam pendek.afa:~ terhadap proses belajar mengajar, seperti
home study, correpondence education, independent study, tete-education,
open learning, dan external studies. ~istem pendidikan jarak jauh mem-
punyai dua komponen yaitu sistem belajar jarak jauh (distance Learning)
dan sistem pengajaranjarakjauh (distance teaching) (Keegan, 1990). Sis-
rem bela jar jarak jauh memberikan penekanan kepada siswa dan proses
belajar (learner-centered), sedangkan sistem pengajaran jarak jauh lebih
berfokus pada proses pengajaran, sis tern organisasi, dan pengajarnya
(teacher and system centered). Sementara itu, sistem pendidik:an jarak
jauh berfokus pada kedua sisi secara utuh, baik pada siswa dan proses
belajarnya, maupun pada proses pengajaran, sistem organisasi, dan penga-
jarnya.
Berbagai ahli Lelah mencoba mendefinisikan pendidikan jarak jauh
menurut sudut pandangnya masing-masing. Beberapa definisi yang di-
berikan para ahli menjelaskan bahwa sistem pendidikan jarak jauh ada-
lab:
l. suatu bentuk pembelajaran mandiri yang terorganisasi secara sistematis,
di mana konseling, penyajian materi pembelajaran, dan penyeliaan serta
pemantauan keberhasilan siswa dilakukan oleh seke-lompok tenaga
pengajar yang memilik:i tanggung jawab yang saling berbeda. Pembe-
12