Page 14 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 14
segala sesuatu yang pernah dilakukan di Indonesia dalam hubungannya
dengan sistem PTJJ. Dengan adanya buku ini diharapkan sistem PTJJ da-
pat lebih dipahami dan dikembangkan lagi, sesuai dengan situasi dan kon-
disi masyarakat serta kebutuhan Indonesia. Dengan demikian, upaya gi-
gih Dr. Setijadi, MA akan terus dikembangkan oleh penerus penentu ke-
bijakan, pengelola atau praktisi, pengguna lulusan, serta peserta pendi-
dikan itu sendiri.
Sistematika Buku
Buku ini disusun sebagai suatu kumpulan karya ilmiah yang mandiri.
Masing-masing tulisan menggambarkan suatu konsep, gagasan, analisis,
ataupun paparan pengalaman mengenai sistem PTJJ.
Bagian Pertama buku ini adalah pendahuluan yang berisi latar bela-
kang serta tujuan penyusunan buku. Bagian Kedua difokuskan pada kajian
mengenai konsep dan sistem PTJJ. Bagian ini menyajikan artikel-artikel
mengenai pengertian dan perkembangan pemikiran mengenai sistem PTJJ,
model-model PTJJ, serta peranan dan pemanfaatan teknologi/media da-
lam PTJJ. Kajian-kajian yang secara umum bersifat teoretis dan historis
ini diletakkan di bagian awal buku dengan tujuan agar pembaca dapat
memahami ruang lingkup serta perkembangan sistem PTJJ secara makro.
Bagian Ketiga difokuskan pada artikel-artikel mengenai PTJJ di In-
donesia. Artikel pertama pada bagian ini menyajikan suatu kilas batik
lahimya PTJJ di Indonesia. Kemudian, bagian ini dilanjutkan dengan
paparan dan analisis mengenai praktik pemanfaatan sistem PTJJ di In-
donesia, dimulai dari pemanfaatannya untuk pendidikan luar sekolah, un-
tuk peningkatan kualitas dan kualifikasi guru serta dosen, untuk penye-
lenggaraan pendidikan tingkat sekolah dasar dan menengah, hingga untuk
penyelenggaran pendidikan tinggi. Artikel-artikel ini ditujukan untuk
memberikan gambaran yang komprehensif mengenai pengalaman Indo-
5