Page 9 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 9

KATA  PENGANTAR










          Pendidikan berperan sangat besar dalam pengembangan individu dan
       masyarakat  untuk terciptanya  kehidupan  yang  harmonis.  Perkembangan
       ilmu pengetahuan yang  sangat cepat menuntut proses  belajar sepanjang
       hayat. Untuk itu, kita harus berusaha menciptakan sistem pendidikan dan
       lingkungan belajar yang terbuka dan fleksibel, sehingga dapat meningk:at-
       kan  kesempatan  belajar bagi  semua anggota  masyarakat.  Dengan  per-
       kembangan ilmu, pengetahuan, dan teknologi, peran pendidikan tinggi un-
       tuk meningkatkan potensi individu menjadi sangat besar.
          Masalah utama dalam pendidikan tinggi adalah mutu, kesempatan, dan
       partisipasi.  Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan pendidikan
       terbuka dan jarak jauh, proses belajar yang sangat tleksibel dapat dilak-
       sanakan.  Pemberian  kesempatan  belajar  dapat disampaikan  kepada  pe-
       serta bela  jar tanpa batas waktu dan jarak, sehingga mereka dapat belajar
       secara  bebas  sesuai  keinginannya.  Peningkatan  pemberian  kesempatan
       itu akan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan.
         Pendidikan tinggi  terbuka dan jarak jauh diterapkan di  Indonesia de-
       ngan didirikan UT pada tangga14 September 1984. Salah seorang pendiri
       Universitas Terbuka itu adalah Prof.Dr. Setijadi, MA. Dalam kesempat-
       an Lustrum ke-3 UT pada September1999, UT menerbitkan buku ini seba-
       gai  ungkapkan  penghargaan  kepada  salah  seorang  pendiri  tersebut,
       bersamaan dengan ulang tahun Beliau yang ke-70.
         Buku  ini  berisi  pokok  pikiran,  potensi,  persoalan,  dan  penerapan
       sistem  pendidikan  terbuka  dan jarak jauh yang  ditulis  oleh  para  rekan,

                                      ix
   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14