Page 9 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 9
KATA PENGANTAR
Pendidikan berperan sangat besar dalam pengembangan individu dan
masyarakat untuk terciptanya kehidupan yang harmonis. Perkembangan
ilmu pengetahuan yang sangat cepat menuntut proses belajar sepanjang
hayat. Untuk itu, kita harus berusaha menciptakan sistem pendidikan dan
lingkungan belajar yang terbuka dan fleksibel, sehingga dapat meningk:at-
kan kesempatan belajar bagi semua anggota masyarakat. Dengan per-
kembangan ilmu, pengetahuan, dan teknologi, peran pendidikan tinggi un-
tuk meningkatkan potensi individu menjadi sangat besar.
Masalah utama dalam pendidikan tinggi adalah mutu, kesempatan, dan
partisipasi. Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan pendidikan
terbuka dan jarak jauh, proses belajar yang sangat tleksibel dapat dilak-
sanakan. Pemberian kesempatan belajar dapat disampaikan kepada pe-
serta bela jar tanpa batas waktu dan jarak, sehingga mereka dapat belajar
secara bebas sesuai keinginannya. Peningkatan pemberian kesempatan
itu akan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan.
Pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh diterapkan di Indonesia de-
ngan didirikan UT pada tangga14 September 1984. Salah seorang pendiri
Universitas Terbuka itu adalah Prof.Dr. Setijadi, MA. Dalam kesempat-
an Lustrum ke-3 UT pada September1999, UT menerbitkan buku ini seba-
gai ungkapkan penghargaan kepada salah seorang pendiri tersebut,
bersamaan dengan ulang tahun Beliau yang ke-70.
Buku ini berisi pokok pikiran, potensi, persoalan, dan penerapan
sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh yang ditulis oleh para rekan,
ix