Page 12 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 12

PENDAHULUAN




                                Tim Penyunting








      Latar Belakang
         Datangnya milenium ketiga ditandai dengan perkembangan teknologi
      informasi  dan  komunikasi  yang  sangat  pesat.  Perkembangan  tersebut
      melahirkan  suatu  paradigma  baru  dalam  dunia  pendidikan.  Proses
      pembelajaran yang  selama  ini  diidentikkan dengan proses  dalam  ruang
      tertutup  disertai  kehadiran guru/dosen,  mulai  menemukan  modus  lain.
      Munculnya  berbagai  media yang  terkait dengan pesatnya perkembangan
      teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan proses pembelajaran
      dilakukan dengan sistem terbuka dan jarak jauh. Sesuai dengan namanya,
      sistem  ini  memberi  kemudahan  yang  memungkinkan  teratasinya  berba-
      gai  kendala,  terutama kendala  ruang  dan  waktu.  Oleh karena itu,  tidak
      mengherankan jika sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) ba-
      nyak diterapkan di berbagai negara.
         Di  Indonesia, sistem pendidikan jarak jauh telah diterapkan sejak ta-
      hun  1950-an.  Seiring  dengan  pesatnya  perkembangan  teknologi,
      perkembangan  pendidikan jarak jauh di  Indonesia  pun  semakin  pesat.
      Perkembangan sistem PTJJ ini juga dipacu oleh perkembangan kebutuh-
      an  akan  pendidikan  melalui  metode  alternatif.  Sistem  pendidikan
      konvensional  dirasa  tidak  lagi  mampu  mengakomodasi  kebutuhan  akan
      pendidikan  dan  sumberdaya manusia terdidik.  Oleh karena  itu,  metode
      pendidikan jarak jauh yang  mampu  mereduksi  kendala  yang  bersifat

                                      3
   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17