Page 12 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 12
PENDAHULUAN
Tim Penyunting
Latar Belakang
Datangnya milenium ketiga ditandai dengan perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi yang sangat pesat. Perkembangan tersebut
melahirkan suatu paradigma baru dalam dunia pendidikan. Proses
pembelajaran yang selama ini diidentikkan dengan proses dalam ruang
tertutup disertai kehadiran guru/dosen, mulai menemukan modus lain.
Munculnya berbagai media yang terkait dengan pesatnya perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan proses pembelajaran
dilakukan dengan sistem terbuka dan jarak jauh. Sesuai dengan namanya,
sistem ini memberi kemudahan yang memungkinkan teratasinya berba-
gai kendala, terutama kendala ruang dan waktu. Oleh karena itu, tidak
mengherankan jika sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) ba-
nyak diterapkan di berbagai negara.
Di Indonesia, sistem pendidikan jarak jauh telah diterapkan sejak ta-
hun 1950-an. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi,
perkembangan pendidikan jarak jauh di Indonesia pun semakin pesat.
Perkembangan sistem PTJJ ini juga dipacu oleh perkembangan kebutuh-
an akan pendidikan melalui metode alternatif. Sistem pendidikan
konvensional dirasa tidak lagi mampu mengakomodasi kebutuhan akan
pendidikan dan sumberdaya manusia terdidik. Oleh karena itu, metode
pendidikan jarak jauh yang mampu mereduksi kendala yang bersifat
3