Page 13 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 13
geografis (seperti jarak), demografis (seperti usia), dan ekonomis (se-
perti biaya) menjadi pilihan yang tak terelakkan.
Salah satu tolok ukur perkembangan sistem PTJJ di Indonesia adalah
didirikannya suatu universitas yang secara khusus dirancang untuk
menggunakan sistem belajar jarakjauh, yaitu Universitas Terbuka (UT),
pada tahun 1984. Pendirian ini jelas merupakan suatu tonggak sejarah
perkembangan paradigrna pendidikan di Indonesia, karena hal ini me-
nunjukkan kepercayaan bangsa Indonesia pada sistem belajar yang non-
konvensional.
Saat ini, UT telah berusia 15 tahtin, dan telah berkembang menjadi su-
atu universitas mega dengan jumlah mahasiswa lebih dari 400.000 orang.
Perkembangan UT dan kontribusi yang telah diberikan oleh UT terhadap
upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia tidak dapat di-
pungkiri. Seiring dengan perkembangan UT, pemahaman dan pengadopsi-
an sistem belajar jarak jauh oleh masyarakat pun menjadi semakin
meningkat. Hal itu ditunjukkan dengan semakin banyaknya institusi pen-
didikan yang menawarkan program pendidikannya melalui sistem belajar
jarak jauh. Demikian pula, animo dan kepercayaan masyarakat pada sis-
tern belajar ini terlihat dari semakin banyaknya orang yang mendaftar pa-
da program-program pendidikan yang menggunakan sistem belajar jarak
jauh.
Perkembangan UT sebagai suatu institusi PTJJ, serta timbulnya pe-
mahaman masyarakat pada paradigma pendidikan terbuka dan jarak ja-
uh tidak terlepas dari peran dan upaya yang gigih dari salah satu pendiri
UT, yaitu Dr. Setijadi, MA. Buku ini disusun sebagai ungkapan rasa syu-
kur dan terima kasih UT terhadap Dr. Setijadi, MA.
Tujuan Penulisan Buku
Tujuan utarna penyusunan buku ini adalah untuk mendokumentasikan
4