Page 15 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 15

nesia  dalam  memberikan  layanan  pendidikan  pada  masyarakat  dengan
            sistem terbuka dan jarak jauh.
               Bagian  Keempat  secara  khusus  menyajikan  artikel-artikel  mengenai
            UT yang  merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang  menyelenggara-
            kan  seluruh proses pembelajaran secara terbuka dan jarak jauh (single
            mode). Pengalaman UT dalam mengelola sistem PTJJ di Indonesia sangat
            nyata, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Oleh karena itu, pengalaman
            UT  dalam  hal  pengorganisasian  sistem  pembelajaran,  pengembangan
            program studi,  pengembangan dan penyiapan bahan ajar,  pemberian la-
            yanan bantuan  belajar,  mengembangan sistem dan pelaksanaan evaluasi
            basil  belajar,  serta pengembangan dan  pemanfaatan jaringan kerja ope-
            rasional  akan  sangat berharga untuk dianalisis  secara tersendiri.  Peng-
            alaman UT ini dapat menjadi acuan bagi institusi-institusi lain di Indone-
            sia yang  hendak,  akan,  dan sedang menyelenggarakan pendidikan mela-
            lui sistem terbuka dan jarak jauh.
               Bagian Kelima buku ini secara khusus mengupas perihal teknologi da-
            lam sistem PTJJ di  Indonesia.  Pemanfaatan teknologi  diyakini  harus te-
            pat guna dan sangat kontekstual. Oleh karena itu, dua artikel dalam bagian
            ini  secara  khusus  mengkaji  masalah  pemanfaatan  infrastruktur,  tekno-
            logi, dan fasilitas komunikasi bagi pengembangan PTJJ di Indonesia.
               Bagian Keenam merupakan bagian penutup. Pada bagian ini disajikan
            refleksi pengalaman Indonesia dalam menyelenggaran sistem PTJJ;  ser-
            ta  analisis  tentang  prospek  pemanfaatan  sistem  PTJJ  dalam  mengem-
            bangan kualitas sumberdaya manusia Indonesia.
               Sekali lagi, sistematika buku ini dirancang untuk mengantarkan pem-
            baca pada pengenalan konsep PTJJ serta kemudian pengetahuan lebih ja-
            uh tentang penerapan sistem tersebut di Indonesia. Sangat diharapkan agar
            pemahaman mengenai konsep dan keberhasilan pemanfaatan sistem PTJJ
            di  Indonesia dapat  lebih memicu pengembangan sistem  ini bagi konteks

                                            6
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20