Page 15 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 15
nesia dalam memberikan layanan pendidikan pada masyarakat dengan
sistem terbuka dan jarak jauh.
Bagian Keempat secara khusus menyajikan artikel-artikel mengenai
UT yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang menyelenggara-
kan seluruh proses pembelajaran secara terbuka dan jarak jauh (single
mode). Pengalaman UT dalam mengelola sistem PTJJ di Indonesia sangat
nyata, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Oleh karena itu, pengalaman
UT dalam hal pengorganisasian sistem pembelajaran, pengembangan
program studi, pengembangan dan penyiapan bahan ajar, pemberian la-
yanan bantuan belajar, mengembangan sistem dan pelaksanaan evaluasi
basil belajar, serta pengembangan dan pemanfaatan jaringan kerja ope-
rasional akan sangat berharga untuk dianalisis secara tersendiri. Peng-
alaman UT ini dapat menjadi acuan bagi institusi-institusi lain di Indone-
sia yang hendak, akan, dan sedang menyelenggarakan pendidikan mela-
lui sistem terbuka dan jarak jauh.
Bagian Kelima buku ini secara khusus mengupas perihal teknologi da-
lam sistem PTJJ di Indonesia. Pemanfaatan teknologi diyakini harus te-
pat guna dan sangat kontekstual. Oleh karena itu, dua artikel dalam bagian
ini secara khusus mengkaji masalah pemanfaatan infrastruktur, tekno-
logi, dan fasilitas komunikasi bagi pengembangan PTJJ di Indonesia.
Bagian Keenam merupakan bagian penutup. Pada bagian ini disajikan
refleksi pengalaman Indonesia dalam menyelenggaran sistem PTJJ; ser-
ta analisis tentang prospek pemanfaatan sistem PTJJ dalam mengem-
bangan kualitas sumberdaya manusia Indonesia.
Sekali lagi, sistematika buku ini dirancang untuk mengantarkan pem-
baca pada pengenalan konsep PTJJ serta kemudian pengetahuan lebih ja-
uh tentang penerapan sistem tersebut di Indonesia. Sangat diharapkan agar
pemahaman mengenai konsep dan keberhasilan pemanfaatan sistem PTJJ
di Indonesia dapat lebih memicu pengembangan sistem ini bagi konteks
6