Page 20 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 20

lajaran dilaksanakan secara jarak jauh dengan menggunakan bamuan
            media.  Sebaliknya  dari  sistem  pendidikan jarak jauh adalah  sis1em
            pendidikan langsung atau tatap muka. suatu sistem pembelajaran yang
            terjadi  karena adanya kontak  Iangsung antara tenaga pengajar dengan
            siswa (Dohmen,  1967).
         2.  suatu  metode  pembelajaran yang  menggunakan korespondensi  seba-
            gaj  alat  komunikasi  antara  tenaga  pengajar dengan  siswa,  ditambah
            dengan  adanya  interaksi  antar  siswa  dalam  proses  pembelajaran
            (MacKenzie. Christensen, &  Rigby,  J%8).
         3.  sistem pendidikan yang tidak mempersyaratkan adanya tenaga penga-
            jar di  tempat  seseorang belajar,  namun dimungkinkan adanya  perte-
            muan-pertemuan antara tenaga pengajar dan siswa pacta waktu-waktu
            tertentu  (French Law,  1971).
         4.  suatu  metode  untuk menyampaikan ilmu pengetahuan,  keterampilan,
            dan sikap yang dikelola berdasarkan pacta penerapan konsep ban ber-
           jalan (division of labor),  prinsip-prinsip. organisasi.  dan pemanfaatan
            media  secara  ekstensif terutama  dalam  reproduksi  bahan ajar.  seh-
            ingga  memungkinkan terjadinya proses pembelajaran pacta  siswa cta-
            lam jumlah banyak pacta saat bersamaan di manapun mereka beracta.
            Merupakan suatu bentuk industri dari belajar dan pengajaran ( Pl!ters.
            1973).
         5.  suatu  metode pembelajaran di  mana proses pengajaran terjadi  s~cara
            terpisah dari proses belajar. sehingga komunikasi amara tenaga Jn::ng-
            ajar dan  siswa  harus difasilitasikan melalui  bahan cetak,  media dek-
            tronik. dan media-media lain (Moore,  1973).
         6.  suatu bentuk pendidikan yang  meliputi beragam bemuk pembelajaran
           pada berbagai Lingkat pendidikan yang terjadi tanpa adanya penydiaan
           tulur  secara  langsung  dan  atau  terus-menerus  terhadap  siswa  dalam
           sualu lokasi yang sama, namun memerlukan proses pcrencanaan. po.:ng-

                                        13
   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25