Page 20 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 20
lajaran dilaksanakan secara jarak jauh dengan menggunakan bamuan
media. Sebaliknya dari sistem pendidikan jarak jauh adalah sis1em
pendidikan langsung atau tatap muka. suatu sistem pembelajaran yang
terjadi karena adanya kontak Iangsung antara tenaga pengajar dengan
siswa (Dohmen, 1967).
2. suatu metode pembelajaran yang menggunakan korespondensi seba-
gaj alat komunikasi antara tenaga pengajar dengan siswa, ditambah
dengan adanya interaksi antar siswa dalam proses pembelajaran
(MacKenzie. Christensen, & Rigby, J%8).
3. sistem pendidikan yang tidak mempersyaratkan adanya tenaga penga-
jar di tempat seseorang belajar, namun dimungkinkan adanya perte-
muan-pertemuan antara tenaga pengajar dan siswa pacta waktu-waktu
tertentu (French Law, 1971).
4. suatu metode untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, keterampilan,
dan sikap yang dikelola berdasarkan pacta penerapan konsep ban ber-
jalan (division of labor), prinsip-prinsip. organisasi. dan pemanfaatan
media secara ekstensif terutama dalam reproduksi bahan ajar. seh-
ingga memungkinkan terjadinya proses pembelajaran pacta siswa cta-
lam jumlah banyak pacta saat bersamaan di manapun mereka beracta.
Merupakan suatu bentuk industri dari belajar dan pengajaran ( Pl!ters.
1973).
5. suatu metode pembelajaran di mana proses pengajaran terjadi s~cara
terpisah dari proses belajar. sehingga komunikasi amara tenaga Jn::ng-
ajar dan siswa harus difasilitasikan melalui bahan cetak, media dek-
tronik. dan media-media lain (Moore, 1973).
6. suatu bentuk pendidikan yang meliputi beragam bemuk pembelajaran
pada berbagai Lingkat pendidikan yang terjadi tanpa adanya penydiaan
tulur secara langsung dan atau terus-menerus terhadap siswa dalam
sualu lokasi yang sama, namun memerlukan proses pcrencanaan. po.:ng-
13