Page 228 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 228

menciptakan  iklim  yang  kondusif  terbadap  keberlangsungm penye-
         lenggaraan program ini.


         4.  Ancaman (Threat)

            Keragaman  kemampuan  infrastruktur belajar lokal  (PT  setempat),
         seperti tutor,  tempat praktikum dan baban-baban refereosi. mengaldbat-
         kan terjadinya kesempatan bela jar yang bervariasi di antara peserta didik.
         Demikian pula dengan mahaJnya biaya teknologi komunikasi sebagai sa-
         lab satu infrastruktur belajar secara akumulatif dapat menurunkao kuali-
         tas pencapaian sasaran program. Kurangnya dana pada tabun 1985 menga-
         kibatkan dibekukannya program ioi pada tabun berikutoya. dan kemudian
         diintegrasikan dalam program UT.


         Perspektif Akta Mengajar V

            Dari  pengbayatan  sebagai  seorang guru  pendidikan tinggi yang  ikut
         "membidani" program Akta Mengajar V di perguruan tinggj seluruh In-
         donesia, penulis mendapatkan adanya tiga dimensi yang secara unwm da-
         pat  menggambarkan  keluasan  perspektif peodidikao  Akta Mengajar v.

         yaitu dimensi substansi (goals), dimensi metodologi (means). dan dimensi
         nilai  (values):


         1.  Akta Mengajar V sebagai substansi ilmu
            Dengan  mempelajari  Akta  V,  seseorang  diarabkan untuk  dapat  me-
         mabami dan menguasai teori-teori. koosep-konsep. dan kaidab strukturaJ
         ilmu-ilmu  yang  terdapat  dalam  Akta  Mengajar  V.  Oleb  karena  itu
         pemahaman  substansi  Akta  Mengajar  V  merupakan tujuan yang  harus
         dicapai  oleh  mahasiswa.  Melalui  penguasaan  ini.  mahasiswa  dapat
         memiliki  kompetensi  dasar  untuk  memabami  masalab pendidibn dan

                                        229
   223   224   225   226   227   228   229   230   231   232   233