Page 231 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 231

ekonomis  mendudukkan manusia sebagai subyek pembangunan.  sedang-
           kan  makna  insani  mendudukkan  manusia  sebagai  sasaran/obyek/tujuan
          yang hendak dibangun.


          Akta  Mengajar V dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
             Apabila  tiga  dimensi  perspektif Akta  V dan dua  dimensi  paradigma
          nilai tambah pengembangan sumber daya manusia dihadapkan,  maka ki-
          ta  dapat  melihat betapa besar potensi  pendidikan  Akta  V  bagi  pengem-
          bangan sumber daya  manusia. Dari  keeratan  kaitan  antara  dimensi  pen-
          didikan Akta V dengan dimensi nilai tambah pengembangan SDM, dapat
          disimpulkan  bahwa  potensi  dan  peluang  pendidikan  Akta  V  dalam
          pengembangan SDM cukup besar.  Persoalan yang muncul dari asumsi ini
          adalah  "Bagaimana  kita  dapat  mengaktualisasikan  potensi  tersebut  se-
          hingga  peran  pendidikan  Akta  V  menjadi  nyata  dalam pengembangan
          SDM?''


             Dimensi Akta Mengajar V          Dimensi Nilai Tambah SDM

                                              Kepakaran
                                              Teknologi
                                              Manajemen

             Metodologi berfikir              Budaya
                                              Estetis
                                              Perilaku
                                              Agama  I Spiritual


          Kompetensi dan Validasi Pendidikan Akta V
             Dari  uraian  tentang  keterkaitan  antara  pengembangan  SDM  dan
          perspektif Akta  V,  maka  dapat  diidentifikasi  kompetensi  yang  perlu  di-


                                         232
   226   227   228   229   230   231   232   233   234   235   236