Page 231 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 231
ekonomis mendudukkan manusia sebagai subyek pembangunan. sedang-
kan makna insani mendudukkan manusia sebagai sasaran/obyek/tujuan
yang hendak dibangun.
Akta Mengajar V dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Apabila tiga dimensi perspektif Akta V dan dua dimensi paradigma
nilai tambah pengembangan sumber daya manusia dihadapkan, maka ki-
ta dapat melihat betapa besar potensi pendidikan Akta V bagi pengem-
bangan sumber daya manusia. Dari keeratan kaitan antara dimensi pen-
didikan Akta V dengan dimensi nilai tambah pengembangan SDM, dapat
disimpulkan bahwa potensi dan peluang pendidikan Akta V dalam
pengembangan SDM cukup besar. Persoalan yang muncul dari asumsi ini
adalah "Bagaimana kita dapat mengaktualisasikan potensi tersebut se-
hingga peran pendidikan Akta V menjadi nyata dalam pengembangan
SDM?''
Dimensi Akta Mengajar V Dimensi Nilai Tambah SDM
Kepakaran
Teknologi
Manajemen
Metodologi berfikir Budaya
Estetis
Perilaku
Agama I Spiritual
Kompetensi dan Validasi Pendidikan Akta V
Dari uraian tentang keterkaitan antara pengembangan SDM dan
perspektif Akta V, maka dapat diidentifikasi kompetensi yang perlu di-
232