Page 232 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 232
~,.. ~payaki'1'rolehpendidi~l:ta~. Sejalan ctmgaii"" alur pemikiran terse~ - • ...,..
but, pendidikan Akta V - sebagai bagian dari pendidikan tinggi - diharap-
kan mampu menghasilkan SDM berkualitas. yang setidaknya memiliki
lima kompetensi, yaitu akademik, profesional, metodologis, kecendekia-
an, dan nilai (values).
• Kompetensi akademik berkaitan dengan kiat dan kemampuan me-
todologis keilmuan dalam rangka penguasaan dan pengembangan sub-
stansi Akta V. Kompetensi akademik ini amat penting artinya bagi
penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi, serta dihasilkannya
pemikiran, konsep dan program pembangunan yang inovatif di berba-
gai bidang yang berkaitan dengan keluasan Akta V.
• Kompetensi profesional berkaitan dengan wawasan, perilaku. dan
kemampuan penerapan Akta V (sebagai substansi ilmu) dalam reali--
tas kehidupan masyarakat. Kompetensi inilah yang menghasilkan "ma-
nusia pembangun" yang handal.
• Kompetensi metodologis berkaitan dengan kemampuan memahami dan
merespon permasalahan secara analitis, kritis, kausatif, dan berba-
gai sifat lain sebagaimana dikemukakan dalam dimensi metodologis
pendidikan Akta V.
• Kompetensi kecendekiaan berkaitan dengan kepekaan terhadap per-
masalahan lingkungan kehidupan yang ada, serta wawasan, sikap, dan
perilaku yang memihak pada kebenaran demi kebaikan kehidupan
bermasyarakat dan kepedulian akan kehidupan ekosistem.
• Kompetensi nilai (values) berkaitan dengan kesadaran dan komitmen
untuk melaksanakan nilai-nilai kebangsaan, budaya, akhlak dan aga-
ma. •
Agenda Aktualisasi Pendidikan Akta V
Berdasarkan pemikiran tentang kompetensi yang telah dikemukakan
233