Page 232 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 232

~,.. ~payaki'1'rolehpendidi~l:ta~. Sejalan ctmgaii"" alur pemikiran  terse~  - • ...,..
          but, pendidikan Akta V - sebagai bagian dari pendidikan tinggi - diharap-
          kan  mampu  menghasilkan  SDM  berkualitas.  yang  setidaknya  memiliki
          lima kompetensi,  yaitu akademik,  profesional, metodologis,  kecendekia-
          an, dan nilai (values).
          •  Kompetensi  akademik  berkaitan  dengan  kiat  dan  kemampuan  me-
             todologis keilmuan dalam rangka penguasaan dan pengembangan sub-
             stansi  Akta  V.  Kompetensi  akademik  ini  amat  penting  artinya  bagi
             penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi, serta dihasilkannya
             pemikiran, konsep dan program pembangunan yang inovatif di  berba-
             gai bidang yang berkaitan dengan keluasan Akta V.
          •  Kompetensi  profesional  berkaitan  dengan  wawasan,  perilaku.  dan
             kemampuan penerapan Akta V (sebagai substansi ilmu) dalam reali--
             tas kehidupan masyarakat. Kompetensi inilah yang menghasilkan "ma-
             nusia pembangun" yang handal.
          •  Kompetensi metodologis berkaitan dengan kemampuan memahami dan
             merespon  permasalahan  secara  analitis,  kritis,  kausatif,  dan  berba-
             gai  sifat  lain  sebagaimana  dikemukakan  dalam dimensi  metodologis
             pendidikan Akta V.
          •  Kompetensi  kecendekiaan  berkaitan  dengan  kepekaan  terhadap  per-
             masalahan lingkungan kehidupan yang ada, serta wawasan, sikap, dan
             perilaku  yang  memihak  pada  kebenaran  demi  kebaikan  kehidupan
             bermasyarakat dan kepedulian akan kehidupan ekosistem.
          •  Kompetensi nilai  (values)  berkaitan dengan  kesadaran dan  komitmen
             untuk  melaksanakan nilai-nilai  kebangsaan,  budaya,  akhlak dan  aga-
             ma.  •


          Agenda Aktualisasi Pendidikan Akta V
             Berdasarkan  pemikiran  tentang  kompetensi  yang  telah  dikemukakan
                                         233
   227   228   229   230   231   232   233   234   235   236   237