Page 237 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 237
vensional (dual mode). Uraian berikut akan memaparkan karakteristik
kedua jenis pendidikan tinggi tersebut, serta penerapannya di Indonesia.
Pendidikan Tinggi Jarak Jauh Single Mode
Pendidikan tinggi jarak jauh single mode adalah pendidikan tinggi yang
hanya menyelenggarakan pendidikanjarakjauh. Keegan (1991) mcnyebut-
nya dengan istilah "autonomous distance-teaching institutions". Lt!bih Ian jut
Keegan (1991) dan Garrison (1990) membagi lembaga jenis ini ke dalam
dua kategori yaitu "public a/Ill private correspondence schvoL'I mul college .....
dan "distance teaching universities atau open universities". Perbedaan
kedua jenis ini terletak pada kompleksitas struktur dan ketentuan bela jar.
Public and private correspondence schools and colleges menyelenggara-
kan pendidikan dengan bahan belajar dan proses pembelajaran yang
cenderung tidak begitu kompleks, khususnya dalam penggunaan big media
dan pertemuan tatap muka. Selain itu, lembaga ini biasanya menawarkan
program kepada anak-anak atau orang dewasa pada tingkat yang lebih
rendah dari tingkat pendidikan tinggi. The National Extention College,
Cambridge; Leidse Onderweijsinstellingen, Leiden; the New South Wales
College of External Studies, Sidney; dan the Albena Correspondence School,
Kanada merupakan contoh dari public and private correspondence schools
and colleges.
Distance teaching universities atau open universities bertujuan mem-
berikan layanan dukungan sebanyak mungkin bagi peserta pendidikan ja-
rak jauh. Distance teaching universities lebih memusatkan perhatiannya
pada penyediaan program pada tingkat pendidikan tinggi, meskipun ada
beberapa lembaga pendidikan jenis ini yang menawarkan program di lu-
ar tingkat pendidikan tinggi. Selain itu, jenis lembaga pendidikan ini
menggunakan media secara lebih komprehensif dalam kegiatan pembe-
lajarannya. The Open University of the United Kingdom di lnggris dan
238
•