Page 239 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 239
diri merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki oleh mahasiswa UT
apabila mereka ingin berhasil belajar di UT. Namun hal ini tidak berarti
bahwa mahasiswa harus belajar secara individual. Mahasiswa dapat be-
lajar secara kelompok, dengan mengikuti tutorial. mendengarkan siaran
radio, menomon siaran televisi atau menggunakan sumber belajar lain
dengan inisiatif dan motivasi yang berasal dari mahasiswa sendiri. Oleh
karena itu, untuk melengkapi pengalaman belajar mahasiswa, UT
menyediakan tutorial dalam berbagai bentuk, seperti tutorial tatap muka,
tersiar. terekam, dan elektronik. Bahkan, khusus untuk program penye-
taraan guru SD dan SLTP, tutorial tatap muka rnerupakan suatu kewajib-
an bagi mahasiswa unruk mengikutinya. Untuk mata kuliah yang mem-
persyaratkan praktik atau praktikum, mahasiswa dapat melakukannya
secara mandiri atau berkelompok dengan menggunakan kit atau labo-
ratorium yang ada di daerah.
Penguasaan mahasiswa terhadap bah'an belajar yang telah dipelajari-
nya dievaluasi dengan berbagai cara. Jenis evaluasi yang digunakan ada-
lab Tugas Mandiri (TM), Ujian Praktik atau Ujian Praktikum, Ujian Akhir
Semester (UAS), dan Ujian Komprehensif Tertulis (UKT). TM setara
dengan ujian tengah semester pada perguruan tinggi konvensional. TM
dikerjakan oleh mahasiswa di rumah masing-masing, tanpa pengawasan.
Untuk mata k'Uiiah tertentu, TM yang sudah dikerjakan mahasiswa diki-
rim ke UT Pusat untuk dinilai dan dikomentari. Hasil penilaian ini akan
dikembalikan kepada mahasiswa. Ujian praktik atau praktikum dilaksa-
nakan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menerapkan sua-
tu konsep a tau keterarnpilan dari suatu mata kuliah. UAS dilaksanakan
untuk mengetahui penguasaan rnahasiswa terhadap suatu mata kuliah.
Sedangkan UKT adalah jenis evaluasi yang dilaksanakan untuk membuk-
tikan penguasaan mahasiswa secara komprehensif terhadap suatu bidang
ilmu tertentu. UKT diselenggar;ikan bagi rnahasiswa program sarjana
240