Page 244 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 244

· diri berlangsung.
            Dalam mengikuti program ini,  kegiatan pembelajaran dimulai dengan
         kegiatan on-campus selama dua minggu. Kegiatan ini merupakan kegiat-
         an  orientasi,  yang  dilakukan pada setiap awal  semester.  Dalam kegiatan
         ini,  mahasiswa  tidak  hanya  memperoleh  informasi  tentang  materi  yang
         berkaitan  dengan  prcgram pendidikan  tetapi juga teknik pengoperasian
         internet.
           Setelah  kegiatan  orientasi  berakhir,  mahasiswa  melakukan  kegiatan
         belajar  mandiri  dengan  menggunakan  modul  sebagai bahan  belajamya.
         Belajar mandiri  ini  berlangsung selama lima bulan.  Dalam kurun waktu
         lima bulan ini, mahasiswa tidak hanya melakukan belajar mandiri, tetapi
        juga mengerjakan tugas yang  diberikan oleh dosen yang  dikirim melalui
         electronic  mail.  Hasil  tugas  yang  dikerjakan  mahasiswa  berpengaruh
         terhadap  keikutsertaannya dalam ujian  akhir  semester.  Mahasiswa yang
         mampu menjawab 75% ke atas dari pertanyaan atau tugas yang diberikan
        diperbolehkan  untuk mengikuti  ujian akhir  semester;  sedangkan  maha-
         siswa yang  tingkat  keberhasilannya dalam mengerjakan  tugas  atau men-
        jawab pertanyaan kurang  dari  75%  tidak diperbolehkan  mengikuti  ujian
        akhir  semester.  Di  samping  mengerjakan  tugas  yang  diberikan  dosen,
        selama belajar mandiri  mahasiswa juga dapat berkonsultasi dengan  do-
        sen pembimbingnya. Kegiatan konsultasi ini dilakukan melalui electronic
        mail. Pada akhir kegiatan pembelajaran, mahasiswa mengikuti ujian akhir
        semester di  kampus.
           Gambaran  di  atas  menunjukkan bahwa  pendidikan  tinggi  dual mode
        memiliki  beberapa  keunggulan.  Pertama,  kombinasi  antara bahan bela-
        jar yang dikembangkan dalam bentuk modul dengan kegiatan tatap muka
        lebih  memungkinkan  mahasiswa  untuk  memperoleh  bahan belajar yang
        terstruktur dan "up to date".  Kedua, dengan adanya pertemuan tatap muka
        yang  terjadwal,  dosen  dapat  mengontrol  atau  mengawasi  penguasaan

                                       245
   239   240   241   242   243   244   245   246   247   248   249