Page 244 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 244
· diri berlangsung.
Dalam mengikuti program ini, kegiatan pembelajaran dimulai dengan
kegiatan on-campus selama dua minggu. Kegiatan ini merupakan kegiat-
an orientasi, yang dilakukan pada setiap awal semester. Dalam kegiatan
ini, mahasiswa tidak hanya memperoleh informasi tentang materi yang
berkaitan dengan prcgram pendidikan tetapi juga teknik pengoperasian
internet.
Setelah kegiatan orientasi berakhir, mahasiswa melakukan kegiatan
belajar mandiri dengan menggunakan modul sebagai bahan belajamya.
Belajar mandiri ini berlangsung selama lima bulan. Dalam kurun waktu
lima bulan ini, mahasiswa tidak hanya melakukan belajar mandiri, tetapi
juga mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen yang dikirim melalui
electronic mail. Hasil tugas yang dikerjakan mahasiswa berpengaruh
terhadap keikutsertaannya dalam ujian akhir semester. Mahasiswa yang
mampu menjawab 75% ke atas dari pertanyaan atau tugas yang diberikan
diperbolehkan untuk mengikuti ujian akhir semester; sedangkan maha-
siswa yang tingkat keberhasilannya dalam mengerjakan tugas atau men-
jawab pertanyaan kurang dari 75% tidak diperbolehkan mengikuti ujian
akhir semester. Di samping mengerjakan tugas yang diberikan dosen,
selama belajar mandiri mahasiswa juga dapat berkonsultasi dengan do-
sen pembimbingnya. Kegiatan konsultasi ini dilakukan melalui electronic
mail. Pada akhir kegiatan pembelajaran, mahasiswa mengikuti ujian akhir
semester di kampus.
Gambaran di atas menunjukkan bahwa pendidikan tinggi dual mode
memiliki beberapa keunggulan. Pertama, kombinasi antara bahan bela-
jar yang dikembangkan dalam bentuk modul dengan kegiatan tatap muka
lebih memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh bahan belajar yang
terstruktur dan "up to date". Kedua, dengan adanya pertemuan tatap muka
yang terjadwal, dosen dapat mengontrol atau mengawasi penguasaan
245