Page 241 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 241

dan pemherian tutorial  rertulis kepa<ta  mahasiswa:  serta
           •   Perpustakaan  Nasional  RI  dan perpustakaan daerah dalam penyedia-
              an  buk"U-huku  yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam kegi-
              atan  belajarnya.


              Dengan memanfaatkan jasa pos dalam kegiatan pembelajarannya.  UT
           darat  menjangkau  caJon  mahasiswa  di  seluruh  penjuru  tanah  air.  Di ·
           samping  itu.  komunikasi  amara  tutor  dengan  mahasiswa  melalui  sural
           atau  telepon  merupakan  salah  satu  keistimewaan  dari  one-to-one study
           (Ket!gan.  1991 ).  Tutor  akan  lebih  memahami  mahasiswanya  sehingga
           bamuan yang diberikan akan sesuai dengan permasalahan atau kebutuhan
           mahasiswa tersebut. Kornunikasi yang hanya dilakukan melalui surat atau
           telepon  dapat  menyebabkan  mahasiswa  merasa terisolasi  karena  mereka
           tidak  mempunyai  kesempatan  bersosialisasi  secara  tatap  muka  dengan
           tutor  dan  atau  mahasiswa  lainnya.  Selain  itu,  pembelajaran  yang  me-
           nekankan  pada  penguasaan  materi  yang  bersifat  penerapan  dan  ke-
           terampilan sukar untuk dikomrol karena hal ini menuntut pengawasan dan
           supervisi langsung. Oleh karena itu, proses belajar melalui bamuan tutor
           merupakan  bagian integral dari  sistem single mode.


           Pendidikan Tinggi Jarak Jauh Dual Mode
             Pendidikan tinggi jarak jauh dual mode adalah pendidikan jarak jauh
           yang  diselenggarakan  oleh  lembaga  pendidikan  tinggi  konvensional.
           Keegan  ( 1991)  menggunakan  istilah  .. mixed institurions" untuk  lembaga
          pendidikan konvensional  yang  menyelenggarakan pendidikan jarak jauh.
           Ada tiga jenis lembaga pendidikan yang termasuk pada kategori  ini.

              Pertama adalah "independent study divisions of conventional colleges
          and universities''.  Pengembangan program pada lembaga jenis ini tergan-

                                         242
   236   237   238   239   240   241   242   243   244   245   246