Page 241 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 241
dan pemherian tutorial rertulis kepa<ta mahasiswa: serta
• Perpustakaan Nasional RI dan perpustakaan daerah dalam penyedia-
an buk"U-huku yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam kegi-
atan belajarnya.
Dengan memanfaatkan jasa pos dalam kegiatan pembelajarannya. UT
darat menjangkau caJon mahasiswa di seluruh penjuru tanah air. Di ·
samping itu. komunikasi amara tutor dengan mahasiswa melalui sural
atau telepon merupakan salah satu keistimewaan dari one-to-one study
(Ket!gan. 1991 ). Tutor akan lebih memahami mahasiswanya sehingga
bamuan yang diberikan akan sesuai dengan permasalahan atau kebutuhan
mahasiswa tersebut. Kornunikasi yang hanya dilakukan melalui surat atau
telepon dapat menyebabkan mahasiswa merasa terisolasi karena mereka
tidak mempunyai kesempatan bersosialisasi secara tatap muka dengan
tutor dan atau mahasiswa lainnya. Selain itu, pembelajaran yang me-
nekankan pada penguasaan materi yang bersifat penerapan dan ke-
terampilan sukar untuk dikomrol karena hal ini menuntut pengawasan dan
supervisi langsung. Oleh karena itu, proses belajar melalui bamuan tutor
merupakan bagian integral dari sistem single mode.
Pendidikan Tinggi Jarak Jauh Dual Mode
Pendidikan tinggi jarak jauh dual mode adalah pendidikan jarak jauh
yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tinggi konvensional.
Keegan ( 1991) menggunakan istilah .. mixed institurions" untuk lembaga
pendidikan konvensional yang menyelenggarakan pendidikan jarak jauh.
Ada tiga jenis lembaga pendidikan yang termasuk pada kategori ini.
Pertama adalah "independent study divisions of conventional colleges
and universities''. Pengembangan program pada lembaga jenis ini tergan-
242