Page 245 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 245

mahasiswa  terhadap  materi  yang  bersifat  aplikasi  dan  keterampilan.
           Namun demikian, karena mahasiswa harus mengikuti kegiatan  tatap mu-
           ka  di  kampus.  pendidikan  tinggi dual mode  tidak  mungkin  menjangkau
           mahasiswa dalam wilayah yang cukup luas.


           Kesimpulan
              Kedua jenis pendidikan tinggi  (single mode dan dual mode)  dapat di-
           terapkan untuk mengatasi masalah pemerataan pendidikan tinggi.  Setiap
           jenis  memiliki  keunggulan  dan  kelemahan.  Kita  tidak  perlu  memper-
           tentangkan mana yang lebih baik di antara keduanya. Yang Jebih penting
           dan yang merupakan tantangan bagi kita adalah bagaimana memanfaatkan
           kedua  jenis  pendidikan  tinggi  tersebut  tidak  hanya  dalam  upaya  me-
           ningkatkan akses penduduk usia  19-24 tahun ke dalam pendidikan tinggi
           tetapi juga dalam memberikan jaminan dan bukti  bahwa kualitas  lulusan
           pendidikan  tinggi  jarak jauh  setara  dengan  lulusan  pendidikan  tinggi
           konvensional.  Ukurannya  bukan  sekedar  nilai  yang  dicapai  mahasiswa
           selama perkuliahan tetapi juga kemampuan lulusan dalam bekerja di  bi-
           dang  yang  relevan  dengan  program  studi  yang  diambilnya.  Dengan
           demikian, kita tidak hanya mengatasi masalah pemerataan pendidikan te-
           tapi juga meningkatkan mutu pendidikan.


           Daftar Pustaka
           Achir,  Y.C.A.  (1997).  Reformasi  pendidikan  sebagai  upaya  memak-
               simalkan  basil  pendidikan.  Dalam M.  Dawan  Rahardjo (Ed.), Ke-
               luar dari kemelut pendidikan nasional: Menjawab tantangan kualitas
               swnberdaya manusia a bad 21.  Jakarta: Internusa.
           Garrison, D.R. (1990).  Understanding distance education: A framework
               for the future.  London: Routledge.
           Keegan, D. ( 1991). Foundations of distance education (2"d ed.).  London:

                                         246
   240   241   242   243   244   245   246   247   248   249   250