Page 249 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 249

Dalam usianya yang ke 15 tahun, UT telah dan akan terus menerapkan
            sistem  PTJJ.  Upaya  ini  makin terasa  signiflk.ansinya  dalam suasana  In-
            donesia  akhir-akhir  ini.  Perkembangan  situasi  ekonomi  khususnya  dan
            masyarak.at urnumnya membuat pendidik.an terasa dinomor duakan. Satu
            tahun terakhir ini, frekuensi kuliah tatap muk.a yang dilakukan di institusi
            pendidikan tinggi konvensional jauh berkurang. Dengan sistem PTJJ, hal
            ini bisa diminimalkan,  karena frekuensi dan kecepatan belajar mahasis-
            wa  diserahkan  kepada  mahasiswa  itu  sendiri.  Sudah  tentu  untuk  men-
            dapatkan  basil  yang  optimal  diperluk.an  perencanaan,  penyelenggaraan,
            dan monitoring penerapan sistem PTJJ ini.

              UT sebagai institusi pendidik.an tinggi  yang  menerapkan sistem PTJJ
            memiliki  karakteristik sendiri  yang  tercermin  dalam  sistem  organisasi-
            nya.  Adanya jarak antara  mahasiswa  dengan  pengembang  materi  me-
            munculkan perlunya pemanfaatan media  yang  bisa  menggantikan peran
            dosen dalam institusi pendidikan tinggi tatap muka. Jarak ini juga menun-
            tut adanya satu standar kualitas bahan ajar dan bahan ujian,  sehingga di
            manapun mahasiswa berada mereka akan menerima kualitas pendidik-an
            yang  sama.

              Sebagai  konsekuensi dari  situasi  ini,  UT memiliki  sistem  organisasi
            yang  berbeda  dengan  institusi  pendidikan  tinggi  tatap  muka.  Meskipun
            sebagai  institusi  pendidikan  tinggi  UT menjalankan  fungsi  Tri  darma
           perguruan  tinggi,  tetapi  ada  perbedaan  besar dalam lingkup  kegiatan
           maupun wadah kegiatan itu sendiri.


              Apa dan bagaimana sitem UT dapat dilihat melalui enam kelompok
           kegiatan yang dilakuk.an UT: administrasi data mahasiswa, bahan ajar &
           pengelolaan  belajar,  bahan ujian &  pengelolaan  ujian,  penelitian dan
           pengabdian kepada masyarak.at,  kerja sama,  serta sarana dan prasarana.

                                          252
   244   245   246   247   248   249   250   251   252   253   254