Page 242 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 242

tung pada fakultas dari universitas induknya.  Pada lembaga jenis ini, ma-
         hasiswa  pendidikan jarak jauh  mempelajari  materi  dan  mengikuti  ujian
         yang sama dengan mahasiswa pendidikan konvensional sehingga sertifikat
         atau  ijazah  yang  diterima  oleh  mahasiswa  pendidikan jarak jauh  sama
         dengan  sertifikat  atau  ijazah  yang  diberikan  kepada  mahasiswa  kon-
         vensional.  Salah satu jenis program pendidikan yang  merupakan contoh
         jenis ini adalah program "Extension" pada beberapa universitas atau insti-
         tut,  misalnya Independent Study Divisions of the  University of Nebraska
         dan University of Wisconsin Extension di Amerika serta Ramkhamhaeng
         University dan Chulalongkorn University di Thailand.

             Kedua adalah  "consultation model".  Kegiatan belajar pada lembaga
         jenis  ini  dimulai  dengan  seminar  yang  harus  diikuti  oleh  mahasiswa
         pendidikan jarak jauh di  kampus setelah mahasiswa mempelajari  bahan
         belajar yang disediakan di rumah. Setelah mengikuti seminar, mahasiswa
         melakukan kegiatan belajar mandiri  di  rumah masing-masing.  Kegiatan
         belajar  mandiri  ini  diselingi  dengan  kegiatan  konsultasi  yang  seringkali
         merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa.  Kegiatan konsultasi
         ini  berlangsung  di  kampus  selama satu  hari  kerja.  Dalam  kegiatan  ini
         mahasiswa  memperoleh bimbingan  langsung  dari  dosen  masing-masing
         mata kuliah atau mata pelajaran yang diikutinya. Jenis lembaga pendidikan
         tinggi jenis ini  banyak dijumpai  di  universitas  dan institut di  Rusia  dan
         Jerman.
            Ketiga  adalah  "the  Australian  integrated mode':  Menurut jenis  ini,
         pengajar  mempunyai  tugas  ganda,  yaitu  merancang  dan  melaksanakan
         pertemuan tatap  muka wajib bagi mahasiswa yang  mengikuti pendidikan
        jarak jauh dan mahasiswa yang mengikuti pendidikan konvensional.  Baik
         mahasiswa konvensional di  kampus maupun mahasiswa jarak jauh mem-
         peroleh pembinaan dan bimbingan akademik dari staf pengajar yang sa-
         ma dan  diuji  dengan instrumen evaluasi  yang  sama pula.  Pada lembaga
                                       243
   237   238   239   240   241   242   243   244   245   246   247