Page 243 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 243
yang menerapkan jenis ini, mahasiswa yang mengikuti pendidikan jarak
jauh mempunyai hak dan kewajiban yang sarna dengan mahasiswa yang
mengilruti pendidikan konvensional. Perbedaan di antara kedua kelompok
mahasiswa tersebut terletak pada modus atau metode pembelajaran.
Mereka meregistrasi rnata kuliah dan mengikuti ujian yang sama serta
memperoleh ijazah atau diploma yang sama dengan mahasiswa yang me-
ngikuti pendidikan konvensional pada lembaga pendidikan tersebut. Di
samping di Australia, jenis ini juga diterapkan di Zambia, Fiji, Papua
Nugini, dan Jamaika.
Dari uraian di atas tampak bahwa karakteristik umum jenis pendi-
dikan tinggi dual mode adalah mahasiswa yang mengikuti pendidikan ja-
rak jauh tidak hanya melakukan belajar mandiri tetapi juga ada pertemu-
an terstruktur di kampus. Pertemuan tersebut wajib diikuti oleh mahasis-
wa. Selain itu, bahan belajar yang digunakan dan soal ujian dikembang-
kan oleh staf pengajar pada lembaga pendidikan itu sendiri. Hak dan
kewajiban mahasiswa pendidikan jarak jauh sama dengan hak dan kewa-
jiban mahasiswa pendidikan konvensional. Mata kuliah yang harus diam-
bil dan ujian yang harus diikuti, serta ijazah atau sertifikat yang diperoleh
mahasiswa pendidikan jarak jauh sama dengan yang diperoleh mahasis-
wa pendidikan konvensional. Salah satu lembaga pendidikan tinggi di In-
donesia yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dual mode adalah Uni-
versitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta.
Program pendidikan jarak jauh yang ditawarkan oleh UGM adalah
Program Magister Manajemen Rumah Sakit dan Program Magister
Manajemen Pelayanan Kesehatan pada Fakultas Kedokteran. Kedua
program tersebut mulai dibuka pada tahun 1996. Salah satu persyaratan
untuk mengikuti program ini adalah bahwa calon mahasiswa harus memi-
liki komputer atau laptop/notebook. Komputer ini akan digunakan pada
waktu orientasi dan ujian di kampus serta pada saat kegiatan belajar man-
244