Page 236 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 236

biasaan belajar mandiri yang dilandasi dengan disiplin belajar yang tinggi
         memungkinkan  tumbuhnya  masyarakat belajar (learning  society),  yaitu
         masyarakat  yang  memiliki budaya  belajar secara terus  menerus  (Achir,
          1997).
            Berkembangnya ilmu pengetahuan dan telcnologi menuntut orang un-
         tuk terus belajar.  Baik karena tuntutan pekerjaan maupun untuk perluas-
         an  wawasan,  orang  mencari  lembaga pendidikan  yang  memberikan ke-
         sempatan  kepada  mereka  untuk melanjutkan  studi  tanpa  harus  me-
         ninggalkan tempat kerjanya.  Lembaga pendidikan yang cocok untuk me-
         reka adalah  UT karena UT terbuka bagi siapa saja yang telah memiliki
         ijazah SLTA atau ijazah lainnya yang sederajat tanpa pembatasan usia dan
         tempat  tinggal.  Dengan mengikuti pendidikan  di  UT,  mahasiswa  dapat
         mengatur sendiri tempat, waktu, serta kecepatan belajamya sesuai dengan
         kemampuan  masing-masing.  Dengan  demikian,  UT  tidak  hanya  me-
         nampung lulusan SLTA baru, tetapi juga orang yang telah bekerja dan atau
         orang yang berusia di atas kelompok usia 19-24 tahun.
            Mengingat  betapa pentingnya  pendidikan jarak jauh dalam  upaya
         mengatasi  masalah  pemerataan  pendidikan,  Direktorat  Jenderal  Pendi-
         dikan linggi mengajukan program pengkajian pendidikanjarakjauh seba-
         gai wahana penting dalam memperluas akses penduduk kelompok usia 19
         - 24 tahun  ke pendidikan tinggi dalam "Kerangka Pengembangan Pendi-
         dikan linggi Jangka Panjang  1996- 2005".
            Pada saat berdirinya,  UT merupakan satu-satunya lembaga pendidik-
         an tinggi  yang menyelenggarakan pendidikanjarakjauh secara utuh (sing-
         le mode).  Namun, sejalan dengan banyaknya permintaan dari masyarakat
         terhadap  pendidikan  tinggi jarak jauh  serta perkembangan teknologi
         komunikasi dalam dunia pendidikan, bermunculanlah perguruan tinggi la-
         in yang menyelenggarakan pendidikan tinggi jarak jauh, di samping me-
         reka masih  tetap  melayani  masyarakat untuk mengikuti  pendidikan kon-

                                        237
   231   232   233   234   235   236   237   238   239   240   241