Page 229 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 229

pengajaran  maupun  aktivitas  instruksional,  berikut penerapannya  untuk
         tujuan pengembangan pendidikan di PT.


         2.  Akta  Mengajar V sebagai metode berpikir

            Akta  Mengajar V  melatih  mahasiswa  untuk  berpikir secara analitis,
         logis,  kausatif,  rasional dan sistematis,  sesuai dengan  hakikat ilmu.  Ke-
         mampuan mahasiswa untuk berpikir, selanjutnya akan mempengaruhi ca-
         ra  berpikir  dan  perilaku  mereka secara  keseluruhan.  Berkaitan dengan
         hal  tersebut maka  kita  dapat melihat Akta V  sebagai  alat maupun cara
         berpikir pada umurnnya dan dalam proses pendidikan pada khususnya.

            Melalui  Akta  Mengajar V,  logika  berpikir peserta didik dikembang-
         kan  sehingga menjadi tertib, sesuai dengan hakikat Akta V  sebagai him-
         punan ilmu yang masing-masing mempunyai paradigma, struktur, body of
         knowledge, yang cukup matang dan mantap.


         3.  Akta  Mengajar V sebagai nilai

            Dengan mempelajari himpunan ilmu yang terdapat dalam Akta V ma-
         ka  mahasiswa dapat memahami sating ketergantungan yang erat di  anta-
         ra  manusia  sebagai  mahluk sosial  dengan  alam  sekitarnya,  yang  selan-
         jutnya akan menumbuhkan kepedulian pada lingkungan. Selanjutnya, yang
         terpenting, dengan mempelajari Akta Mengajar V maka mahasiswa dapat
         lebih memahami kompleksitas pendidikan dan pengajaran serta perilaku
         yang tertib dan konsisten.  Kecuali itu timbul kesadaran bahwa meskipun
         pendidikan adalah  suatu proses sosial,  tetapi  belajar pada dasarnya  ada-
         lah  proses  individual  yang  terjadi  secara  internal  pada  masing-masing
         peserta didik,  sehingga seorang pendidik akan dapat menerima keterba-
         tasan  seseorang.



                                        230
   224   225   226   227   228   229   230   231   232   233   234